Ulama Yahudi Dan Umatnya



Ulama yahudi bertipe penipu, dzolim dan tidak takut akan dosa. Sementara umatnya adalah kaum goblok yang mudah dibohongi oleh pemimpin agamanya. Kenapa bisa demikian ?

Rahib yahudi dalam sejarah memiliki dua dosa. Dosa kepada Alloh dan kepada manusia. Kesalahan mereka terhadap Alloh adalah berani merubah firman Alloh :

مِنَ الَّذِينَ هَادُوا يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَنْ مَوَاضِعِهِ وَيَقُولُونَ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاسْمَعْ غَيْرَ مُسْمَعٍ وَرَاعِنَا لَيًّا بِأَلْسِنَتِهِمْ وَطَعْنًا فِي الدِّينِ وَلَوْ أَنَّهُمْ قَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَاسْمَعْ وَانْظُرْنَا لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَأَقْوَمَ وَلَكِنْ لَعَنَهُمُ اللَّهُ بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُونَ إِلَّا قَلِيلًا

Yaitu orang-orang Yahudi, mereka mengubah Perkataan dari tempat-tempatnya]. mereka berkata : Kami mendengar, tetapi Kami tidak mau menurutinya. dan (mereka mengatakan pula) : Dengarlah, sedang kamu sebenarnya tidak mendengar apa-apa. dan (mereka mengatakan) : Raa'ina, dengan memutar-mutar lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan : Kami mendengar dan menurut, dan dengarlah, dan perhatikanlah kami", tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, akan tetapi Allah mengutuk mereka, karena kekafiran mereka. mereka tidak beriman kecuali iman yang sangat tipis. [annisa : 46]

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ لَعَنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَنْ مَوَاضِعِهِ وَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلَى خَائِنَةٍ مِنْهُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْهُمْ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. mereka suka merobah Perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) Senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), Maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik [almaidah : 13]

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ لَا يَحْزُنْكَ الَّذِينَ يُسَارِعُونَ فِي الْكُفْرِ مِنَ الَّذِينَ قَالُوا آَمَنَّا بِأَفْوَاهِهِمْ وَلَمْ تُؤْمِنْ قُلُوبُهُمْ وَمِنَ الَّذِينَ هَادُوا سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ سَمَّاعُونَ لِقَوْمٍ آَخَرِينَ لَمْ يَأْتُوكَ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ مِنْ بَعْدِ مَوَاضِعِهِ يَقُولُونَ إِنْ أُوتِيتُمْ هَذَا فَخُذُوهُ وَإِنْ لَمْ تُؤْتَوْهُ فَاحْذَرُوا وَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ فِتْنَتَهُ فَلَنْ تَمْلِكَ لَهُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا أُولَئِكَ الَّذِينَ لَمْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يُطَهِّرَ قُلُوبَهُمْ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Hari rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, Yaitu diantara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka : Kami telah beriman, Padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. (orang-orang Yahudi itu) Amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan Amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu ; mereka merobah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. mereka mengatakan : Jika diberikan ini (yang sudah di robah-robah oleh mereka) kepada kamu, Maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini Maka hati-hatilah. Barangsiapa yang Allah menghendaki kesesatannya, Maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatupun (yang datang) daripada Allah. mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar. [almaidah : 41]

فَتَطْمَعُونَ أَنْ يُؤْمِنُوا لَكُمْ وَقَدْ كَانَ فَرِيقٌ مِنْهُمْ يَسْمَعُونَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ يُحَرِّفُونَهُ مِنْ بَعْدِ مَا عَقَلُوهُ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, Padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui ? [albaqoroh : 75]

Keempat ayat di atas menerangkan sifat ulama yahudi, yaitu merubah ayat-ayat Alloh hingga bila nabi Daud hidup saat ini tentu sudah tidak dapat mengenali lagi kitab zabur karena betapa rusak dan tercemarnya firman Alloh hasil kreasi para rahib. Tentu tidak jauh berbeda dengan nabi Musa terhadap taurotnya dan nabi Isa terhadap injilnya.

Penulis tafsir alwajiz menerangkan maksud ayat di atas dengan mengatakan : mereka merubah hukum-hukum taurot, ayat rajam dan keberadaan sifat rosululloh shollallohu alaihi wasallam sebagai nabi akhir zaman.

Sedang kesalahan kedua dari para ulama yahudi adalah mereka lakukan terhadap umatnya, yaitu memakan harta secara tidak benar. Penulis tafsir almuyassar memberi contoh : menerima sogokan, menahan harta dengan cara tidak mengeluarkan zakatnya. Pada kenyataannya tidak sedikit harta yang mereka kumpulkan dari umat sebagai pembayaran zakat justru mereka memakan dan menyimpannya untuk kepentingan pribadi. Kelakuan mereka, Alloh abadikan dalam firmannya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih [attaubah : 34]

Berkenaan kelakuan mereka terhadap penerimaan sogokan, syaikh Muhammad bin Abdul Wahab menuturkan perkataan As Sya’by : pernah terjadi pertengkaran antara orang munafik dan orang Yahudi. Orang Yahudi itu berkata : Mari kita berhakim kepada Muhammad, karena ia mengetahui bahwa beliau tidak menerima suap. Sedangkan orang munafik tadi berkata : Mari kita berhakim kepada orang Yahudi, karena ia tahu bahwa mereka mau menerima suap. Maka bersepakatlah keduanya untuk berhakim kepada seorang dukun di Juhainah, maka turunlah surat annisa ayat 60.

Ketika para ulama menampakkan kedzoliman yang luar biasa, sungguh mengherankan manakala kita memperhatikan sikap masyarakat bani isroil. Mereka tetap mencintai dan mematuhinya :

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لا إِلَهَ إِلا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai arbab (rob-rob, tuhan-tuhan) selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan [attaubah : 31]

Rupanya ayat tersebut membuat kekagetan pada diri ‘Ady bin Hatim, seorang yahudi yang baru saja masuk islam hingga ia berkata kepada rosululloh shollallohu alaihi wasallam : Sungguh kami dahulu tidaklah menyembah mereka, beliau bersabda :

أليس يحرمون ما أحل الله فتحرمونه، ويحلون ما حرم الله فتحلونه ؟ فقلت : بلى، قال : فتلك عبادتهم،

Tidakkah mereka mengharamkan apa yang telah dihalalkan Allah, lalu kalian pun mengharamkanya dan tidakkah mereka itu menghalalkan apa yang diharamkan Allah, lalu kalian menghalalkannya ?, Aku menjawab : ya, maka beliau bersabda : itulah bentuk penyembahan kepada mereka.[HR. Imam Ahmad dan At Tirmidzi]

Aneh betul, ulamanya jahat tapi dicintai oleh umatnya bahkan hingga tingkat penghambaan.

Maroji’ :

Tafsir alwajiz (maktabah syamilah) 1/22

Tafsir almuyassar (maktabah syamilah) 3/276

Kitab tauhid, syaikh Muhammad bin Abdul Wahab hal 187