Islam Adalah Mudah Tidak Sulit

 Fiqih Mudah (1)
Kaedah di atas berdasar alquran dan sunnah :
وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ
Dia (Alloh) sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan [alhajj : 78]
فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ
Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu  [attaghobun : 16]
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya [albaqoroh : 286]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَخْر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ  مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مَنْ قَبْلَكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ .
Dari Abu Hurairah Abdurrahman bin Sakhr radhiallahuanhu dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Apa yang aku larang hendaklah kalian menghindarinya dan apa yang aku perintahkan maka hendaklah kalian laksanakan semampu kalian. Sesungguhnya kehancuran orang-orang sebelum kalian adalah karena banyaknya pertanyaan mereka (yang tidak berguna) dan penentangan mereka terhadap nabi-nabi mereka  [HR Bukhori Muslim]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أنّ النَّبِيّ قَالَ إنَّ الدِّيْنَ يُسْرٌ وَلَنْ يُشَادَّ الدِّيْنَ إلاَّ غَلَبَهُ
Dari Abu Huroiroh bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : islam adalah mudah dan tidaklah sekali-kali orang yang mempersulit disi dalam melaksanakan islam kecuali ia akan dikalahkan  [HR Bukhori]
Mana bukti kemudahan islam ? Ini bisa kita ketahui dari perintah dan larangan yang Alloh berikan kepada hambaNya. Ketika Alloh melarang sesuatu kita akan mendapatkan dua hal. Yang pertama bahwa di saat Alloh memberikan larangan maka Alloh menyediakan hal-hal yang halal lebih banyak. Semisal ketika Alloh mengharamkan khomr kita mendapatkan minuman halal yang jumlahnya tak terbatas. Kain yang dilarang adalah sutra, itupun hanya kaum laki, sementara kita akan dapatkan ribuan jenis kain di pusat perbelanjaan. Yang kedua, setiap larangan yang datang pasti Alloh mendatangkan rukhshoh dimana kita menerjangnya di saat dibutuhkan semisal makanan haram ketika kondisi mendesak.
Adapun perintah, ternyata Alloh berikan banyak rukhshoh yang menyebabkan kita bisa meninggalkannya atau digantikan oleh orang lain bahkan digugurkan sama sekali.