Kenapa Pengusiran Untuk Adam Tercantum Dua Kali


Adam VS iblis (25)

Sebenarnya Adam diusir oleh Alloh dari aljannah ke dunia hanya sekali. Akan tetapi Alloh menyebutkannya dua kali. Itu Alloh firmankan di surat albaqoroh :


فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ  فَتَلَقَّى آَدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ  قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari aljannah dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman : Turunlah kamu ! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.


Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Robnya, maka Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.


Kami berfirman : Turunlah kamu semua dari aljannah! Kemudian jika datang petunjukKu kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjukKu, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati [albaqoroh : 36-38]


Ada sebagian mufassir yang menerangkan bahwa pengusiran pertama adalah dari aljannah ke langit dunia. Selanjutnya yang kedua dari langit dunia ke dunia. Pendapat ini dinilai lemah karena pada pengusiran pertama, Alloh berfirman :


وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرّ

dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi


Yang benar dalam hal ini adalah bahwa pengulangan kalimat pengusiran adalah untuk ta’kid (penguat). Kita sering mendengar di sekitar kalimat semakna, misalnya orang yang menyuruh orang lain pergi dengan mengatakan “ Pergi ! Pergiiii ! “. Ini bukan berarti pengusiran tersebut terjadi dua kali, akan tetapi sebagai penguat.


Maroji’ :

Lubabutta’wil Fi Ma’anittanzil, Abul Hasan Ali Bin Muhammad Bin Ibrohim Bin Umar Asyaihi