Menggendong Anak



Kedudukan Tangan Dalam Sholat (29)

Saat memimpin sholat dzuhur atau ashar, nabi shollallohu alaihi wasallam menggendong Umamah cucu beliau dari Zainab. Beberapa hadits di bawah ini menceritakan bagaimana beliau sholat sambil menggendong sang bayi :

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتِ زَيْنَبَ  فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا  وَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَلِمُسْلِمٍ  وَهُوَ يَؤُمُّ اَلنَّاسَ فِي اَلْمَسْجِدِ 

Abu Qotadah Radliyallaahu 'anhu berkata : Pernah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sholat sambil menggendong Umamah putri Zainab. Jika beliau sujud beliau meletakkannya dan jika beliau berdiri beliau menggendongnya. [Muttafaq Alaihi] Dalam riwayat Muslim : Sedang beliau mengimami orang.

عَنْ أَبِى قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم يَؤُمُّ النَّاسَ وَأُمَامَةُ بِنْتُ أَبِى الْعَاصِ وَهْىَ ابْنَةُ زَيْنَبَ بِنْتِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم عَلَى عَاتِقِهِ فَإِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا وَإِذَا رَفَعَ مِنَ السُّجُودِ أَعَادَهَا.

Dari Abu Qotadah Al Anshoriyy berkata : Aku melihat nabi shollallohu alaihi wasallam mengimami manusia sedangkan Umamah Binti Abul Ash puteri dari Zainab Binti nabi shollalohu alaihi wasallam di atas pundaknya. Bila ruku, beliau meletakkannya dan bila bangkit dari sujud beliau menggendongnya kembali [HR Muslim]

عَنْ أَبِى قَتَادَةَ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نَنْتَظِرُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِلصَّلاَةِ فِى الظُّهْرِ أَوِ الْعَصْرِ وَقَدْ دَعَاهُ بِلاَلٌ لِلصَّلاَةِ إِذْ خَرَجَ إِلَيْنَا وَأُمَامَةُ بِنْتُ أَبِى الْعَاصِ بِنْتُ ابْنَتِهِ عَلَى عُنُقِهِ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِى مُصَلاَّهُ وَقُمْنَا خَلْفَهُ وَهِىَ فِى مَكَانِهَا الَّذِى هِىَ فِيهِ قَالَ فَكَبَّرَ فَكَبَّرْنَا قَالَ حَتَّى إِذَا أَرَادَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنْ يَرْكَعَ أَخَذَهَا فَوَضَعَهَا ثُمَّ رَكَعَ وَسَجَدَ حَتَّى إِذَا فَرَغَ مِنْ سُجُودِهِ ثُمَّ قَامَ أَخَذَهَا فَرَدَّهَا فِى مَكَانِهَا فَمَا زَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَصْنَعُ بِهَا ذَلِكَ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ حَتَّى فَرَغَ مِنْ صَلاَتِهِ.

Dari Abu Qotadah berkata : Ketika kami menunggu rosululloh shollallohu alaihi wasallam untuk sholat pada waktu dzuhur atau ashar dan Bilal sudah mengumandangkan sholat. Tiba-tiba beliau keluar menuju kami sementara Umamah Binti Abul Ash, cucu beliau dari puterinya ada di atas lehernya. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam di tempat sholatnya dan kami berdiri di belakangnya dan Umamah ada di tempatnya . Beliau bertakbir, kamipun ikut bertakbir hingga ketika rosululloh shollallohu alaihi wasallam hendak ruku, beliau mengambilnya lalu meletakkannya. Setelah itu beliau ruku’ dan sujud hingga selesai dari sujudnya, beliau berdiri seraya mengambilnya dan menempatkannya di tempat semula. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam terus melakukannya di setiap rokaat hingga selesai dari sholatnya [HR Abu Daud]

Tiga riwayat di atas menunjukkan bolehnya menggendong anak saat sholat meski harus melakukan beberapa kali gerakan berupa menggendong, meletakkan dan kembali mengambil dan menggendongnya. Apa yang beliau lakukan bukan tanpa maksud. Masyarakat Jahiliyyah menganggap hina anak perempuan hingga tidak terhitung bayi-bayi perempuan mereka kubur dalam keadaan hidup. Sengaja rosululloh shollallohu alaihi wasallam menggendong cucu perempuannya untuk menunjukkan pemuliaan islam kepada anak wanita. Alfakihani berkata :

وَكَأَنَّ السِّرَّ فِي حَمْلِهِ أُمَامَة فِي الصَّلَاةِ دَفْعًا لِمَا كَانَتْ الْعَرَبُ تَأْلَفُهُ مِنْ كَرَاهَةِ الْبَنَاتُ وَحَمْلِهِنَّ ، فَخَالَفَهُمْ فِي ذَلِكَ حَتَّى فِي الصَّلَاةِ لِلْمُبَالَغَةِ فِي رَدْعِهِمْ ، وَالْبَيَانُ بِالْفِعْلِ قَدْ يَكُونُ أَقْوَى مِنْ الْقَوْلِ

Rahasia digendongnya Umamah dalam sholat seolah sebagai bantahan terhadap sikap bangsa Arab yang membenci anak-anak perempuan dan sikap tidak mau menggendongnya. Beliau menyelisihi mereka dalam masalah ini dengan menggendongnya saat sholat untuk menunjukkan kesungguhan beliau dalam menolak sikap mereka. Memberi penjelasan dengan perbuatan terkadang lebih kuat pengaruhnya dari ucapan

Maroji’ :

Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Atsqolani 2/276