Umaro Yang Suka Mengakhirkan Sholat

Mengakhirkan Sholat (6)

Ibnu Mas’ud meriwayatkan sabda rosululloh shollallohu alaihi wasallam :

قَالَ إِنَّهُ سَتَكُونُ عَلَيْكُمْ أُمَرَاءُ يُؤَخِّرُونَ الصَّلاَةَ عَنْ مِيقَاتِهَا وَيَخْنُقُونَهَا إِلَى شَرَقِ الْمَوْتَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمْ قَدْ فَعَلُوا ذَلِكَ فَصَلُّوا الصَّلاَةَ لِمِيقَاتِهَا وَاجْعَلُوا صَلاَتَكُمْ مَعَهُمْ سُبْحَةً

Sesungguhnya akan ada umaro yang memimpin kalian dimana mereka suka mengakhirkan sholat dari waktunya dan memepetkan sholat hingga menjelang habis waktunya. Bila kalian melihat mereka telah melakukan hal itu maka sholatlah sesuai waktunya dan jadikan sholat kalian bersama mereka sebagai sholat sunnah [HR Muslim]

Sabda rosululloh shollallohu alaihi wasallam memberi petunjuk agar saat melihat umaro yang biasa mengakhirkan pelaksaan sholat, kita menunaikan sholat dua kali. Yang pertama sholat sesuai waktunya dan kembali sholat bersama umaro dan sholat kedua dinilai sebagai sholat sunnah.

Kenapa sholat bersama umaro diperintah untuk diikuti ? Bukankah mereka sholat di luar waktu yang sudah ditentukan ? Jawabannya karena umaro yang disebut oleh nabi shollallohu alaihi wasallam adalah tipe pemimpin yang lalim dimana tidak segan-segan menjadikan pedang sebagai bahasa saat melihat rakyat tidak mengikuti titahnya.

Dalam riwayat disebutkan bahwa Hajjaj Bin Yusuf dan Al Walid adalah pemimpin yang disebut-sebut oleh rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Menunaikan sholat dzuhur pada waktu maghrib dan sholat jumat di sore hari adalah kebiasaan keduanya.

Kedua amir ini tidak segan-segan membunuh orang yang sholat tidak sesuai seleranya hingga Atho Bin Abi Robah dan Sa’id Bin Jubair terpaksa sholat ashar sambil duduk dan isyarat padahal saat itu Hajjaj sedang menyampaikan shotbah jumat. Itu dilakukan karena khawatir dibunuh oleh penguasa ini.

Kondisi ini membuat Anas Bin Malik menangis sehingga dia berkata :

لاَ أَعْرِفُ شَيْئًا مِمَّا أَدْرَكْتُ إِلاَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ ، وَهَذِهِ الصَّلاَةُ قَدْ ضُيِّعَتْ

Aku tidak mengetahui sesuatu yang aku dapati (pada masa rosululloh shollallohu alaihi wasallam) kecuali sholat ini. Sholat yang telah disia-siakan [HR Bukhori]

Anas juga berkata :

قَدْ جَعَلْتُمْ الظُّهْرَ عِنْدَ الْمَغْرِبِ أَفَتِلْكَ كَانَتْ صَلَاة رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟

Kalian menunaikan sholat dzuhur pada waktu maghrib. Apakah itu sholat rosululloh shollallohu alaihi wasallam ?