Menjawab Pertanyaan Dengan Isyarat



Kedudukan Tangan Dalam Sholat (23)

Seorang anak tengah bersiap untuk pergi ke sekolah. Sebelum berangkat, ia biasa berpamitan dengan orang tuanya. Rupanya sang ibu sedang menunaikan sholat. Melihat waktu, si anak tidak mau terlambat datang ke sekolah. Iapun berkata kepada ibunya “ Bu, saya mau pergi ke sekolah, assalaamu ‘alaikum “. Mendengar suara anaknya, dengan tangan si ibu memberi isyarat agar anak segera pergi tanpa harus menunggu selesainya sholat.

Perbuatan ini diperbolehkan oleh syariat. Menjawab pertanyaan dengan bahasa isyarat saat sholat pernah dilakukan para sahabat kepada rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Seperti yang dituturkan oleh Jabir Bin Abdulloh :

عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَرْسَلَنِى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ مُنْطَلِقٌ إِلَى بَنِى الْمُصْطَلِقِ فَأَتَيْتُهُ وَهُوَ يُصَلِّى عَلَى بَعِيرِهِ فَكَلَّمْتُهُ فَقَالَ لِى بِيَدِهِ هَكَذَا  ثُمَّ كَلَّمْتُهُ فَقَالَ لِى هَكَذَا وَأَنَا أَسْمَعُهُ يَقْرَأُ يُومِئُ بِرَأْسِهِ فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ مَا فَعَلْتَ فِى الَّذِى أَرْسَلْتُكَ لَهُ فَإِنَّهُ لَمْ يَمْنَعْنِى أَنْ أُكَلِّمَكَ إِلاَّ أَنِّى كُنْتُ  

Dari Jabir berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam mengutusku saat beliau bertolak ke Bani Mushtholiq. Aku mendatangi beliau ketika sedang sholat di atas ontanya. Aku berbicara dengan beliau lalu beliau bersabda kepadaku dengan tangannya (isyarat). Setelah itu aku berbicara lagi lalu beliau bersabda kepada seperti ini (dengan bahasa isyarat). Aku mendengar beliau membaca sambil memberi isyarat dengan kepalanya. Ketika selesai, beliau bersabda : Apa yang telah engkau lakukan berdasarkan apa yang telah aku intruksikan kepadamu, tidak ada yang menghalangiku untuk berbicara denganmu kecuali karena aku sedang menunaikan sholat [HR Muslim]