Perbedaan antara muslim dan kafir

Pandangan Abu A’la Almaududi (6)

Setiap muslim meyakini bahwa muslim memiliki kedudukan lebih tinggi daripada orang kafir. Alloh cinta kepada orang mu’min sementara Alloh benci kepada orang kafir. Seorang muslim akan masuk ke dalam aljannah sementara orang kafir akan masuk ke dalam neraka.

Marilah kita fikirkan benar-benar mengapa ada perbedaan yang begitu mencolok antara si mu’min dan si kafir padahal keduanya adalah keturunan Adam ? Keduanya sama-sama manusia, memiliki kaki, tangan dan mata. Pencipta keduanya adalah sama yaitu Alloh Ta’ala.

Perbedaan yang begitu besar antara keduanya bukanlah dikarenakan yang seorang bernama Abdulloh sedang yang lain bernama Joni. Alloh subhaanahu wataa’la pencipta alam semesta tidak mungkin mendiskriminasi hambaNya hanya perkara sepele.

Perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah karena seorang muslim mengakui Alloh sebagai Robnya kemudian mematuhi peraturan-peraturanNya serta takut akan adzabNya. Sementara orang kedua disebut kafir yang dengannya berhak mendapat kemurkaanNya dikarenakan tidak mengakui Alloh sebagai ilah yang berhak untuk ditaati semua perintah dan laranganNya