Sholat ghoib

عن أبى هريرة رضى الله عنه قَالَ نَعَى النّبيّ صلى الله عليه وسلم النَّجَاشِيّ فِى الْيَوْمِ الَّذِى مَاتَ فِيْهِ وَخَرَجَ إِلَى الْمُصَلَّى فَصَفَّ بِهِمْ وَكَبَّرَ أرْبَعًا رواه بخارى مسلم

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu anhu berkata : nabi shollallohu alaihi wasallam mengumumkan berita kematian raja Najasyi pada hari kematiannya. Beliau keluar ke tempat sholat lalu menyusun shof para sahabat dan akhirnya bertakbir empat kali [HR Bukhori Muslim]

Sholat ghoib adalah menyolatkan jenazah muslim yang tidak berada di tempat kita. Ada satu kebiasaan manakala saudara kita meninggal dunia sementara ia berada jauh dari tempat tinggal kita, kitapun segera menyolatkannya padahal si jenazah sudah disholatkan dan diurus secara syar’i.

Maka dalam hal ini ibnu Taimiyyah berkata : apabila yang meninggal dunia adalah ghoib (berada jauh dari tempat tinggal kita) belum disholatkan maka berlakulah hukum sholat ghoib baginya. Akan tetapi bila si mayit sudah disholatkan oleh orang yang ada di sekitarnya maka tidak diperlukan lagi sholat ghoib karena perintah sholat sudah gugur dengan sendirinya.

Demikianlah rosululloh shollallohu alaihi wasallam menyolatkan raja Najasyi disebabkan ia adalah seorang muslim yang hidup di negeri kafir yang tidak ada seorang muslimpun selain dia sehingga kematiannya tidak diurus secara islam. Akhirnya beliaupun menyolatkannya.

Maroji’ : Taisirul alam, Syaikh Abdulloh Abdurrohman Albassam hal 202