Tidak semua ilmu boleh diamalkan

Tidak semua ilmu boleh diamalkan

Terdengar aneh. Bukankah orang yahudi dimurkai oleh Alloh karena berilmu dan tidak beramal ? Bukankah berpadunya antara ilmu dan amal adalah ciri orang beriman ?

Bila anda mempelajari ilmu fiqh bab thalaq. Anda akan mempelajari definisi thalaq, macam-macamnya, syarat-syaratnya dan hal-hal lain yang ada kaitannya dengan thalaq. Setelah pulang ke rumah anda mendapati keluarga anda begitu harmonis, suami menyayangi istrinya sementara sang istri sungguh setia terhadap suaminya. Apakah anda mau bab thalaq yang sudah anda pelajari di majlis ta’lim anda praktekkan di rumah tangga anda padahal anda sudah sangat berbahagia dengan istri anda ?

Anda pelajari hudud dalam islam dari rajam bagi pezina, qishosh bagi pembunuh dan potong tangan bagi pencuri. Tentu anda tidak akan mempraktekannya selepas anda keluar dari majlis ta’lim karena anda sedang berada di negeri sekuler yang menolak mentah-mentah hukum islam.

Demikian juga jihad fisabilillah bila belum memungkinkan untuk ditegakkan, tahrik (menggerakkan-gerakkan jari telunjuk di saat duduk attahiyat) bila anda berada di lingkungan masyarakat yang masih sensitif dengannya.