Sikap Alloh Terhadap Dosa

(7)Mengampuni Dosa Sebelum Dosa Dilakukan

Hal Ini berlaku bagi para sahabat yang terlibat perang badar. Begitu ridlonya Alloh terhadap pengorbanan mereka sehingga sebelum dosa mereka lakukan, Alloh sudah menyiapkan bagi mereka ampunan. Sebagaimana sabda rosululloh shollallohu alaihi wasallam :

أَوَلَيْسَ مِنْ أَهْلِ بَدْرٍ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ اللَّهَ اطَّلَعَ عَلَيْهِمْ فَقَالَ اعْمَلُوا مَا شِئْتُمْ فَقَدْ أَوْجَبْتُ لَكُمْ الْجَنَّةَ فَاغْرَوْرَقَتْ عَيْنَاهُ فَقَالَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ

bukankah dia termasuk orang yang mengikuti perang Badar ? apakah kamu tahu, barangkali Allah telah melihat orang-orang yang mengikuti perang badar lantas mengatakan; 'lakukanlah sekehendak kalian, Aku telah mewajibkan surga bagi kalian, pada riwayat lain disebutkan “ sungguh Aku telah mengampuni kalian “ [HR Bukhori Muslim]

Kata-kata ini diucapkan oleh nabi shollallohu alaihi wasallam kepada Umar bin Khothob yang meminta izin kepada beliau untuk memenggal leher Hathib bin Abi Baltaah yang melakukan tindakan ceroboh, berupa membocorkan rahasia beliau yang akan melakukan fathu Mekah (penaklukan kota Mekah)
Tindakan ini dalam dunia militer tidak bisa dianggap remeh, tak jarang komandan akan menetapkan eksekusi mati karena perbuatan itu dinilai sebagai pengkhianatan. Akan tetapi karena andil Hathib dalam perang badar begitu besar hingga Allohpun memberikan pengampunan.