عَنْ النَّوَّاسِ بنِ سَمْعَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى الله عليه وسلم قَالَ : الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَاْلإِثْمُ
مَا حَاكَ فِي نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ
Dari Nawwas bin Sam’an radhiallahuanhu, dari
Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda : Kebaikan adalah
akhlak yang baik, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwamu dan engkau
tidak suka jika diketahui manusia [HR Muslim]
وَعَنْ وَابِصَةَ بْنِ مَعْبَد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : أَتَيْتُ
رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : جِئْتَ تَسْألُ عَنِ
الْبِرِّ قُلْتُ : نَعَمْ، قَالَ : اِسْتَفْتِ قَلْبَكَ، الْبِرُّ مَا
اطْمَأَنَّتْ إِلَيْهِ النَّفْسُ وَاطْمَأَنَّ إِلَيْهِ الْقَلْبُ، وَاْلإِثْمُ مَا
حَاكَ فِي النَّفْسِ وَتَرَدَّدَ فِي الصَّدْرِ، وَإِنْ أَفْتَاكَ النَّاسُ
وَأَفْتَوْكَ "
Dan dari Wabishah bin Ma’bad radhiallahuanhu dia
berkata : Saya mendatangi Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam, lalu beliau
bersabda : Engkau datang untuk menanyakan kebaikan ?, saya menjwab : Ya. Beliau
bersabda : Mintalah pendapat dari hatimu, kebaikan adalah apa yang jiwa dan
hati tenang karenanya, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwa dan
menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa
kepadamu dan mereka membenarkannya [HR Ahmad dan Darimi]
Dua hadits di atas menerangkan arti albirr.
Selain bermakna akhlaq yang baik sebagaimana yang sudah diterangkan pada
pembahasan sebelumnya, ia juga memiliki makna lawan kata dari dosa. Nabi
shollallohu alaihi wasallam memberi tiga kriteria satu perbuatan dinilai
sebagai dosa, yaitu :
1. Satu perbuatan yang membuat pelakunya tidak
merasa tenang saat melakukannya
2. Satu perbuatan yang menimbulkan keraguan
3. Pelakunya tidak ingin perbuatannya diketahui
oleh orang lain