Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di memberi definisi albirr :
اسم جامع لكل ما يحبه الله
ويرضاه، من الأعمال الظاهرة والباطنة، من حقوق الله وحقوق الآدميين.
Isim jami’ (sesuatu yang memiliki cakupan luas), apa saja
yang dicintai dan diridloi oleh Alloh baik amal yang nampak maupun tersembunyi,
berupa hak Alloh dan hak sesama manusia.
Imam Baghowi memberi definisi albirr dengan mengatakan :
والبر كل عمل خير يفضي بصاحبه إلى الجنة
Setiap amal kebajikan yang mendorong pelakunya ke
dalam aljannah
Berdasar definisi ini, maka sholat, shoum dan mentaati apa
yang Alloh halalkan dan haramkan bagian dari albirr. Sebuah hadits menyebutkan
:
عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ جَابِرْ بْنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِي
رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيْتُ اْلمَكْتُوْبَاتِ،
وَصُمْتُ رَمَضَانَ، وَأَحْلَلْتُ الْحَلاَلَ، وَحَرَّمْت الْحَرَامَ، وَلَمْ
أَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَيْئاً، أَأَدْخُلُ الْجَنَّةَ ؟ قَالَ : نَعَمْ
Dari Abu Abdullah, Jabir bin Abdullah Al Anshary
radhiallahuanhuma : Seseorang bertanya kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa
sallam, seraya berkata : Bagaimana pendapatmu jika saya melaksanakan shalat
yang wajib, shoum di bulan Ramadhan, Menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang
haram dan saya tidak tambah sedikitpun, apakah saya akan masuk aljannah ?
Beliau bersabda : Ya benar [HR Muslim]
Al kulli hal, amal apapun yang mengantarkan
pelakunya ke dalam aljannah maka bisa disebut albirr. Quran dan hadits banyak
menerangkan penjelasannya
Tafsir Assa’di (maktabah syamilah) hal 106
Tafsir Albaghowi (maktabah syamilah) hal 27