Istighfar




                                                  Bagaimana Menyengsarakan Setan (5) 

Program setan adalah membuat manusia terjerumus ke dalam dosa. Mereka akan sedih manakala kita tersadar lalu memohon ampun kepada Alloh. Otomatis jaminan ampunan Alloh berikan. Inilah yang membuat setan bersedih. Sudah lelah mengerahkan daya upaya untuk menggoda, ternyata manusia yang terperdaya berhasil kembali ke jalan benar. Sebuah riwayat menyebutkan : 

عن أبي بكر، رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "عَلَيْكُمْ بِلا إلَهَ إلا اللهُ والاسْتِغْفَار، فأكْثرُوا مِنْهُمَا، فإنَّ إبْليسَ قَالَ: أهْلَكْتُ النَّاسَ بالذُّنُوبِ، وأهْلَكُونِي بِلا إلَهَ إلا اللهُ والاسْتِغْفَار، فَلَمَّا رَأيْتُ ذَلِكَ أهْلَكْتُهُمْ بِالأهْوَاءِ، فَهُمْ يَحْسَبُونَ أنَّهُم مُهْتَدُونَ".

Dari Abu Bakar rodliyallohu anhu, dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Biasakan oleh kalian bacaan laa ilaaha illalloh dan istighfar (diantaranya membaca sayyidul istighfar) perbanyaklah keduanya karena Iblis berkata : Aku celakakan manusia dengan dosa akan tetapi mereka mencelakakanku dengan laa ilaaha illalloh dan istighfar. Ketika aku mengetahui itu maka aku celakakan mereka dengan hawa nafsu lalu mengira bahwa mereka berada dalam kebenaran [HR Abu Ya’la, hadits dloif]