Onta (24)
Inilah yang diceritakan oleh Jabir Bin Abdulloh :
عَن جَابِر بْن عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ يَسْتَنِدُ إِلَى جِذْعِ نَخْلَةٍ مِنْ سَوَارِي
الْمَسْجِدِ فَلَمَّا صُنِعَ الْمِنْبَرُ وَاسْتَوَى عَلَيْهِ اضْطَرَبَتْ تِلْكَ
السَّارِيَةُ كَحَنِينِ النَّاقَةِ حَتَّى سَمِعَهَا أَهْلُ الْمَسْجِدِ حَتَّى
نَزَلَ إِلَيْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَاعْتَنَقَهَا فَسَكَتَتْ
Dari Jabir Bin Abdulloh berkata : Rosululloh shollallohu
alaihi wasallam apabila berkhutbah, beliau menyandarkan tubuhnya di batang
kurma yang ada di tiang masjid. Ketika diletakkan mimbar, beliau berdiri di
atasnya. Tiba-tiba tiang itu bergoyang dan terdengar bunyi seperti tangisan
onta hingga seisi masjid mendengarnya. Hal itu membuat rosululloh shollallohu
alaihi wasallam turun mendekatinya. Beliau memeluknya, akhirnya ia terdiam [HR
Nasa’i]
عَن جَابِر بْن عَبْدِ اللَّهِ
رضى الله عنهما يَقُولُ كَانَ الْمَسْجِدُ مَسْقُوفًا عَلَى جُذُوعٍ مِنْ نَخْلٍ
فَكَانَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا خَطَبَ يَقُومُ إِلَى جِذْعٍ مِنْهَا
، فَلَمَّا صُنِعَ لَهُ الْمِنْبَرُ ، وَكَانَ عَلَيْهِ فَسَمِعْنَا لِذَلِكَ
الْجِذْعِ صَوْتًا كَصَوْتِ الْعِشَارِ ، حَتَّى جَاءَ النَّبِىُّ صلى الله عليه
وسلم فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا فَسَكَنَتْ
Dari Jabir Bin Abdulloh berkata : Masjid saat itu memiliki
atap dari batang kurma. Nabi shollallohu alaihi wasallam bila berkhutbah
berdiri pada atap itu. Ketika ada yang membuat mimbar untuk beliau, tiba-tiba
kami mendengar batang itu bersuara seperti tangisan onta bunting hingga
datanglah nabi shollallohu alaihi
wasallam. Beliau meletakkan tanganya pada batang itu yang membuatnya terdiam
[HR Bukhori]
Imam Addarimi meriwayatkan sabda nabi shollallohu alaihi
wasallam kepada batang kurma itu :
اِخْتَرْ أَنْ أَغْرِسَكَ فِي الْمَكَان الَّذِي
كُنْت فِيهِ فَتَكُون كَمَا كُنْت يَعْنِي قَبْل أَنْ تَصِير جِذْعًا وَإِنْ شِئْت
أَنْ أَغْرِسَكَ فِي الْجَنَّة فَتَشْرَب مِنْ أَنْهَارهَا فَيَحْسُن نَبْتك
وَتُثْمِر فَيَأْكُل مِنْك أَوْلِيَاء اللَّه
Pilihlah, apakah aku akan menanammu di tempat kamu semula
sebelum engkau menjadi tiang, atau bila engkau memiliki pilihan lain, akan aku
tanam dirimu di dalam aljannah yang membuatmu bisa minum dari sungai-sungainya
lalu engkau bisa tumbuh dengan baik dan berbuah yang akan dimakan oleh para wali
Alloh.
Mana yang dipilih oleh batang ini ? Nabi shollallohu alaihi
wasallam bersabda :
اخْتَارَ أَنْ أَغْرِسهُ فِي الْجَنَّة
Dia memilih aku tanam di dalam aljannah
Imam Syafi’i mengomentari peristiwa tangisan tiang yang
didengar oleh para sahabat dengan perkataan Amru Bin Sawad :
مَا أَعْطَى اللَّه نَبِيًّا مَا أَعْطَى
مُحَمَّدًا ، فَقُلْت : أَعْطَى عِيسَى إِحْيَاء الْمَوْتَى ، قَالَ : أَعْطَى
مُحَمَّدًا حَنِين الْجِذْع حَتَّى سُمِعَ صَوْته ، فَهَذَا أَكْبَر مِنْ ذَلِكَ
Tidak ada pemberian Alloh kepada seorang nabi melebihi apa
yang diberikan kepada Muhammad. Aku (Amru Bin Sawad) berkata : Alloh memberikan
kepada Isa mampu menghidupkan yang mati, sementara Alloh memberikan Muhammad
tangisan batang kurma hingga terdengar suaranya. maka yang ini lebih besar dari
yang itu.
Ibnu Hajar Al Atsqolani berkata :
وَفِي الْحَدِيث دَلَالَة عَلَى أَنَّ الْجَمَادَات
قَدْ يَخْلُق اللَّه لَهَا إِدْرَاكًا كَالْحَيَوَانِ بَلْ كَأَشْرَف الْحَيَوَان
Hadits di atas (tangisan batang kurma) merupakan dalil bahwa
jamadat (benda mati) terkadang diciptakan Alloh memiliki idrok (indera)
sebagaimana yang dimiliki hewan bahkan hewan yang paling mulia
Maroji’ :
Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Atsqolani 10/309