Setan Menggoda Manusia Untuk Tidak Menunaikan sholat Tahajud


Gangguan Setan Saat Sholat (2)

Ini dilakukan menjelang seorang mukmin tidur. Mereka beraksi dengan membuat tiga ikatan di tengkuk dengan dibacakan mantra :

عن أَبي هريرة  رضي الله عنه أنَّ رسول الله  صلى الله عليه وسلم قَالَ يَعْقِدُ الشَّيطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأسِ أحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ عَلَى كُلِّ عُقْدَةٍ : عَلَيْكَ لَيْلٌ طَويلٌ فَارْقُدْ، فَإن اسْتَيقَظَ ، فَذَكَرَ اللهَ تَعَالَى انحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإنْ تَوَضّأ انْحَلّتْ عُقدَةٌ فَإنْ صَلَّى  انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا ، فَأصْبَحَ نَشِيطاً طَيِّبَ النَّفْسِ  وَإلاَّ أصْبحَ خَبيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ  متفقٌ عَلَيْهِ .

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu anhu bahwasanya rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Setan akan mengikat di tengkuk kepala salah seorang kalian saat akan tidur dengan tiga ikatan. Setiap ikatan dipukul seraya disebut “ Lewati malam panjang, tidurlah ! “. Bila ia bangun lalu berdzikir menyebut Alloh Ta’ala maka ikatan pertama akan terlepas. Bila dilanjutkan dengan berwudlu, ikatan kedua akan terlepas. Jika ia menunaikan sholat maka ikatan terakhir akan terlepas. Pada waktu pagi ia akan bersemangat dan hatinya menjadi baik. Jika tidak melakukannya maka pada waktu pagi jiwanya akan buruk dan malas  [muttafaq alaih]

Hadits di atas menunjukkan ketidak relaannya bila seorang mukmin menghidupkan sebagian malamnya dengan sholat tahajud. Padahal sholat malam adalah ibadah sunnah bukan wajib.