Kaedah Membaca Surat Setelah
Alfatihah (6)
Terkadang
rosululloh shollallohu alaihi wasallam memanjangkan bacaan surat saat
menunaikan sholat, dalam kesempatan lain beliau pilih surat-surat pendek.
Tahajud yang beliau tunaikan membuat kaki bengkak. Ini menunjukkan lamanya
berdiri beliau untuk membaca surat yang sangat panjang. Termasuk sholat shubuh
sebagaiamana yang disampaikan oleh Aisyah :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَدْ فُرِضَتِ
الصَّلاَةُ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ بِمَكَّةَ فَلَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ
صلى الله عليه وسلم الْمَدِينَةَ زَادَ مَعَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ
إِلاَّ الْمَغْرِبَ فَإِنَّهَا وِتْرُ النَّهَارِ وَصَلاَةَ الْفَجْرِ لِطُولِ
قِرَاءَتِهِمَا. قَالَ وَكَانَ إِذَا سَافَرَ صَلَّى الصَّلاَةَ الأُولَى
Dari
Aisyah berkata : Sholat diwajibkan di Mekah, masing-masing dua rokaat. Ketika
rosululloh shollallohu alaihi wasallam tiba di kota Madinah, beliau menambah
sholat dua rokaat dengan dua rokaat lagi kecuali maghrib karena ia adalah
witirnya siang dan sholat fajar karena panjangnya bacaan [HR Bukhori]
Pada
suatu waktu, nabi shollallohu alaihi wasallam pernah berniat memanjangkan
bacaan, akan tetapi beliau urungkan karena suatu sebab sebagaimana penuturan
dari Abu Qotadah :
عَنْ أَبِى قَتَادَةَ
الأَنْصَارِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنِّى لأَقُومُ
إِلَى الصَّلاَةِ وَأَنَا أُرِيدُ أَنْ أُطَوِّلَ فِيهَا ، فَأَسْمَعُ بُكَاءَ
الصَّبِىِّ ، فَأَتَجَوَّزُ فِى صَلاَتِى كَرَاهِيَةَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمِّهِ
Dari Abu Qotadah Al Anshoriy berkata
: Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya aku berniat
untuk sholat dan aku berniat memanjangkan bacaannya. Tiba-tiba aku mendengar
suara tangisan bayi. Maka aku pendekkan bacaanku karena aku tidak ingin
menyusahkan ibunya [HR Bukhori]
Tentang
panjang dan pendeknya bacaan, Imam Nawawi berkata :
قَالَ الْعُلَمَاء : كَانَتْ صَلَاة رَسُول اللَّه
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخْتَلِف فِي الْإِطَالَة وَالتَّخْفِيف
بِاخْتِلَافِ الْأَحْوَال ، فَإِذَا كَانَ الْمَأْمُومُونَ يُؤْثِرُونَ
التَّطْوِيل ، وَلَا شُغْل هُنَاكَ لَهُ وَلَا لَهُمْ طُول ، وَإِذَا لَمْ يَكُنْ
كَذَلِكَ خَفَّفَ ، وَقَدْ يُرِيد الْإِطَالَة ثُمَّ يَعْرِض مَا يَقْتَضِي
التَّخْفِيف كَبُكَاءِ الصَّبِيّ وَنَحْوه
Para
ulama berkata : Panjang dan pendeknya sholat rosululloh shollallohu alaihi
wasallam disesuaikan dengan kondisi. Bila makmum mengingkan panjang sementara
tidak ada kesibukan baik dari beliau dan mereka, maka bacaan dipanjangkan. Bila
kondisinya tidak demikian maka beliau ringankan bacaannya. Terkadang beliau
menginginkan bacaan panjang lalu ada kejadian yang membuat beliau harus
meringankan bacaan seperti tangisan bayi dan semisalnya (maka beliau pendekkan
bacaannya)
Maroji’
:
Syarh
Shohih Muslim, Imam Nawawi 2/201