Kaedah Membaca Surat Setelah
Alfatihah (4)
Ali Bin Abi Tholib meriwayatkan tentang witir rosululloh
shollallohu alaihi wasallam :
عَنْ عَلِىٍّ قَالَ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُوتِرُ بِتِسْعِ سُوَرٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ قَالَ
أَسْوَدُ يَقْرَأُ فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى (أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ) وَ (
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ) وَ ( إِذَا زُلْزِلَتِ الأَرْضُ)
وَفِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ (وَالْعَصْرِ) وَ (إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ
وَالْفَتْحُ) وَ (إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ) وَفِى الرَّكْعَةِ
الثَّالِثَةِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ ( تَبَّتْ يَدَا أَبِى لَهَبٍ)
وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ )
Dari
Ali berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam menunaikan witir dengan
sembilan surat almufash-shol. Aswad berkata : Beliau membaca di rokaat pertama
alhakumuttakatsur, innaa anzalnaahu fii lailatilqodr dan idza zulzilatil ardlu.
Pada rokaat kedua surat wal ashri, idzaa jaa anushrullohi walfathu dan innaa
a’thoinaakal kautsar. Dan di rokaat ketiga qulyaa ayyuhal kaafiruun, tabbat
yadaa abii lahab dan qulhuwallohu ahad [HR Ahmad]
Pada
rokaat pertama dan kedua, terlihat rosululloh shollallohualaihi wasallam tidak
membaca surat sesuai dengan tertib urutan. Pada rokaat pertama, beliau membaca
surat attakatsur, alqodr dan alzalzalah. Sedang di rokaat kedua, surat yang
dibaca adalah al ashr, annashr dan alkutsar.
Bukti
lain adalah hadits yang bersumber dari Hudzaifah Al Yaman :
عن أبي عبد الله حُذَيفَةَ بنِ اليمانِ
رضي الله عنهما ، قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبيّ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ
لَيلَةٍ فَافْتَتَحَ البقَرَةَ ، فَقُلْتُ : يَرْكَعُ عِنْدَ المئَةِ ، ثُمَّ
مَضَى . فَقُلْتُ : يُصَلِّي بِهَا في ركعَة فَمَضَى، فقُلْتُ : يَرْكَعُ بِهَا ،
ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ
فَقَرَأَهَا ، يَقرَأُ مُتَرَسِّلاً : إِذَا مَرَّ بآية فِيهَا تَسبيحٌ سَبَّحَ ،
وَإذَا مَرَّ بسُؤَالٍ سَأَلَ ، وَإذَا مَرَّ بتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ، ثُمَّ رَكَعَ
Dari
Abu Abdillah Hudzaifah Bin Yaman rodliyallohu anhuma berkata : Aku sholat
bersama nabi shollallohu alaihi wasallam pada suatu malam. Beliau membuka
dengan surat albaqoroh. Aku berkata : Semoga beliau ruku pada ayat ke seratus.
Lalu beliau tetap meneruskan (setelah ayat ke seratus). Aku berkata : Semoga
beliau sholat dengan surat albaqoroh dalam satu rokaat. Aku berkata : Beliau
ruku setelah selesai dari surat albaqoroh. Setelah itu beliau membuka surat
annisa. Beliau membacanya hingga selesai. Setelah itu beliau membuka dengan
surat ali imrom. Beliau membacanya hingga selesai. Beliau membacanya dengan
tarossul (tidak cepat). Bila bertemu ayat di dalamnya disebut tasbih maka
beliau bertasbih. Bila bertemu ayat berisi doa, beliau berdoa dan bila ada ayat
berisi memohon perlindungan, beliau memohon perlindungan. Setelah itu beliau
ruku [HR Muslim dan Nasa’i]
Pada
hadits ini, kita ketahui bahwa rosululloh shollallohu laihi wasallam membaca
albaqoroh. Selanjutnya annisa dan ali imron. Ini menunjukkan bahwa beliau
membaca ketiga surat ini tidak sesuai dengan tertib surat dalam mush-haf. Imam
Nawawi berkata :
وَاَلَّذِي نَقُولهُ : إِنَّ تَرْتِيب السُّوَر
لَيْسَ بِوَاجِبٍ فِي الْكِتَابَة وَلَا فِي الصَّلَاة وَلَا فِي الدَّرْس وَلَا
فِي التَّلْقِين وَالتَّعْلِيم
Kami
katakan, sesungguhnya tertib surat tidaklah wajib, baik dalam penulisan,
sholat, pelajaran, talqin dan pengajaran
Dalam
hasyiyah Assindi :
مُقْتَضَاهُ عَدَمُ لُزُومِ التَّرْتِيبِ بَيْن
السُّوَر فِي الْقِرَاءَةِ
Menunjukkan
tidak wajibnya melaksanakan tertib surat saat membaca
Maroji’
:
Syarh
Shohih Muslim, Imam Nawawi 3/123
Syarh
Sunan Nasa’i 3/97