Membaca Surat Tidak Mesti Sesuai Dengan Tertib Urutan Dalam Mush-haf


Kaedah Membaca Surat Setelah Alfatihah (4)
Ali Bin Abi Tholib meriwayatkan tentang witir rosululloh shollallohu alaihi wasallam :
عَنْ عَلِىٍّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُوتِرُ بِتِسْعِ سُوَرٍ مِنَ الْمُفَصَّلِ قَالَ أَسْوَدُ يَقْرَأُ فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى (أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ) وَ ( إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ) وَ ( إِذَا زُلْزِلَتِ الأَرْضُ) وَفِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ (وَالْعَصْرِ) وَ (إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ) وَ (إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ) وَفِى الرَّكْعَةِ الثَّالِثَةِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ ( تَبَّتْ يَدَا أَبِى لَهَبٍ) وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ )
Dari Ali berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam menunaikan witir dengan sembilan surat almufash-shol. Aswad berkata : Beliau membaca di rokaat pertama alhakumuttakatsur, innaa anzalnaahu fii lailatilqodr dan idza zulzilatil ardlu. Pada rokaat kedua surat wal ashri, idzaa jaa anushrullohi walfathu dan innaa a’thoinaakal kautsar. Dan di rokaat ketiga qulyaa ayyuhal kaafiruun, tabbat yadaa abii lahab dan qulhuwallohu ahad [HR Ahmad]
Pada rokaat pertama dan kedua, terlihat rosululloh shollallohualaihi wasallam tidak membaca surat sesuai dengan tertib urutan. Pada rokaat pertama, beliau membaca surat attakatsur, alqodr dan alzalzalah. Sedang di rokaat kedua, surat yang dibaca adalah al ashr, annashr dan alkutsar.
Bukti lain adalah hadits yang bersumber dari Hudzaifah Al Yaman :
عن أبي عبد الله حُذَيفَةَ بنِ اليمانِ رضي الله عنهما ، قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبيّ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيلَةٍ فَافْتَتَحَ البقَرَةَ ، فَقُلْتُ : يَرْكَعُ عِنْدَ المئَةِ ، ثُمَّ مَضَى . فَقُلْتُ : يُصَلِّي بِهَا في ركعَة فَمَضَى، فقُلْتُ : يَرْكَعُ بِهَا ، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا ، يَقرَأُ مُتَرَسِّلاً : إِذَا مَرَّ بآية فِيهَا تَسبيحٌ سَبَّحَ ، وَإذَا مَرَّ بسُؤَالٍ سَأَلَ ، وَإذَا مَرَّ بتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ، ثُمَّ رَكَعَ  
Dari Abu Abdillah Hudzaifah Bin Yaman rodliyallohu anhuma berkata : Aku sholat bersama nabi shollallohu alaihi wasallam pada suatu malam. Beliau membuka dengan surat albaqoroh. Aku berkata : Semoga beliau ruku pada ayat ke seratus. Lalu beliau tetap meneruskan (setelah ayat ke seratus). Aku berkata : Semoga beliau sholat dengan surat albaqoroh dalam satu rokaat. Aku berkata : Beliau ruku setelah selesai dari surat albaqoroh. Setelah itu beliau membuka surat annisa. Beliau membacanya hingga selesai. Setelah itu beliau membuka dengan surat ali imrom. Beliau membacanya hingga selesai. Beliau membacanya dengan tarossul (tidak cepat). Bila bertemu ayat di dalamnya disebut tasbih maka beliau bertasbih. Bila bertemu ayat berisi doa, beliau berdoa dan bila ada ayat berisi memohon perlindungan, beliau memohon perlindungan. Setelah itu beliau ruku [HR Muslim dan Nasa’i]
Pada hadits ini, kita ketahui bahwa rosululloh shollallohu laihi wasallam membaca albaqoroh. Selanjutnya annisa dan ali imron. Ini menunjukkan bahwa beliau membaca ketiga surat ini tidak sesuai dengan tertib surat dalam mush-haf. Imam Nawawi berkata :
وَاَلَّذِي نَقُولهُ : إِنَّ تَرْتِيب السُّوَر لَيْسَ بِوَاجِبٍ فِي الْكِتَابَة وَلَا فِي الصَّلَاة وَلَا فِي الدَّرْس وَلَا فِي التَّلْقِين وَالتَّعْلِيم
Kami katakan, sesungguhnya tertib surat tidaklah wajib, baik dalam penulisan, sholat, pelajaran, talqin dan pengajaran
Dalam hasyiyah Assindi :
مُقْتَضَاهُ عَدَمُ لُزُومِ التَّرْتِيبِ بَيْن السُّوَر فِي الْقِرَاءَةِ
Menunjukkan tidak wajibnya melaksanakan tertib surat saat membaca
Maroji’ :
Syarh Shohih Muslim, Imam Nawawi 3/123
Syarh Sunan Nasa’i 3/97