Berlindung Kepada Alloh Sesudah Salam

 

Kapan Kita Membaca A’udzu (9)

Selesai dari sholat, syariat menganjurkan kita duduk sejenak untuk berdzikir. Diantara rangkain dzikir syar’i yang diajarkan oleh Alloh adalah membaca :

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ اَلْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ اَلْجُبْنِ  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ اَلْعُمُرِ  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ اَلدُّنْيَا  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ اَلْقَبْرِ

Hal ini berdasarkan sebuah hadits :

عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رضي الله عنه قَالَ : إِنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَتَعَوَّذُ بِهِنَّ دُبُرَ اَلصَّلَاةِ : اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ اَلْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ اَلْجُبْنِ  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ اَلْعُمُرِ  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ اَلدُّنْيَا  وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ اَلْقَبْرِ رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ

Dari Sa'ad Ibnu Waqqash Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam setiap selesai sholat selalu memohon perlindungan dengan doa-doa : (artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari sifat kikir. Aku berlindung kepadaMu dari sikap pengecut. Aku berlindung kepadaMu dari kepikunan. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah dunia dan aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur). [HR Bukhari, Nasa’i, Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah]

Sebenarnya albukhlu (kikir) dan aljubnu (pengecut), memiliki persamaan arti. Albukhlu bermakna kikir terhadap harta, sedangkan aljubnu kikir terhadap nyawa sehingga dia tidak berani maju ke medan jihad.