Tiga serangkai

Ibrohim, Hajar dan Ismail adalah 3 serangkai yang telah mengukir sejarah. Dengan taqdir Alloh kekompakan mereka berdirilah masjidil harom dengan ka’bahnya dan ibadah berkurban tiap tahunnya diperingati umat islam.

Rosululloh shollallohualaihi wasallam, Abu Bakar dan Umar rodliyallohu anhuma adalah tiga serangkai yang kompak. Abu Bakar yang lembut sementara Umar yang keras dua sifat yang ada pada diri rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Keserasian mereka digambarkan dalam sebuah hadits :

عن عمرو بن عاص رضى الله عنه أنَّ النَبِيَّ صلى الله عليه وسلم بَعَثَهُ عَلَى جَيْشٍ ذاتِ السَّلاَسِلِ فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ أيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَيْكَ قَالَ عَائِشَةُ فَقُلْتُ مَنِ الرِّجَالِ ؟ فَقَالَ أبُوهَا فَقُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ عُمَرُ بن الْخطَّابِ فَعَدَّ رِجَالاً رواه بخارى

Dari Amru ibnu Ash rodliyallohu anhu : bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam mengirimnya untuk memerangi pasukan Dzatu Salasil. Aku mendatangi beliau untuk bertanya : manusia mana yang paling engkau cintai ? beliau menjawab : Aisyah. Aku bertanya : siapa dari kalangan laki-laki ? beliau menjawab : Abu Bakar. Aku bertanya : kemudian siapa ? Beliau menjawab : Umar lalu beliau menyebut beberapa laki-laki lainnya [HR Bukhori]

قال عمر : ...... إِنِّى كُنْتُ كَثِيْرًا أسْمَعُ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم يَقوْلُ : ذَهَبْتُ أنَا وَأبُو بكر وعُمَرُ وَدَخَلْتُ أَنَا وَ أبُو بَكْر وَعُمَرُ وخَرَجْتُ أنَا وأبو بكر وعمر رواه بخارى

Umar berkata : …… aku sering mendengar nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : aku pergi bersama Abu Bakar dan Umar, aku masuk bersama Abu Bakar dan Umar, aku keluar bersama Abu Bakar dan Umar [HR Bukhori]

Abu Bakar dan Umar rodliyallohu anhuma keduanya adalah mertua nabi shollallohu alaihi wasallam. Beliau shollallohu alaihi wasallam meninggal di usia 63 tahun sementara kedua mertuanyapun meninggal di usia yang sama yang akhirnya kubur ketiganyapun saling berdampingan di akhirat Alloh akan mempertemukan di antara mereka di jannatul firdaus.

Bedakan tiga serangkai lainnya yaitu Firaun, Haman dan Qorun kekompakan mereka di dunia akhirnya berakhir di neraka wal iyaadzu billah