Bagaimana cara mensyukuri ni’mat ?

Pandangan Abu A’la Almaududi (2)

Marilah kita pikirkan apa sebenarnya arti kata muslim yang kita pakai setiap waktu. Apakah seorang muslim karena ibu bapaknya atau kakeknya adalah muslim ? Apakah seorang muslim terlahir begitu saja sebagai seorang muslim sebagaimana halnya seorang bangsawan lahir sebagai bangsawan atau seorang anak dari kasta Brahmana lahir sebagai brahmana.

Dan apakah seorang muslim disebut muslim karena terlahir di lingkungan muslim sebagaimana seorang Inggris disebut Inggris karena ia terlahir di tengah-tengah masyarakat Inggris ?

Saya yakin anda akan menjawab tidak. Seorang tidak bisa disebut muslim karena alasan-alasan di atas. Seorang tidak bisa disebut muslim karena ia tergolong ke dalam ras tertentu, tetapi ia bisa disebut muslim bila ia menerima islam sebagai agamanya. Seorang beragama hindu atau seorang bangsawan atau orang Inggris akan termasuk ke dalam masyarakat muslim bila ia menerima islam sebagai agamanya.

Sebaliknya seorang yang terlahir di tengah-tengah masyarakat muslim akan dikeluarkan dari masyarakat muslim bila ia melepaskan islam sebagai agamanya walaupun ia anak dari seorang kiyai atau ulama