Karunia Alloh terbesar

Pandangan Abu A’la Almaududi (1)

Setiap muslim niscaya yakin sepenuhnya bahwa karunia Alloh yang terbesar di dunia ini adalah agama islam. Seorang muslim akan senantiasa bersyukur kepada Alloh yang telah memasukkannya ke dalam kelompok umat rosululloh shollallohu alaihi wasallam dan yang telah memberikan kepadanya karunia islam. Alloh sendiri yang telah menyatakan bahwa islam sebagai karunianya yang terbesar yang diberikan kepada hambaNya sebagaimana disebutkan dalam alquran :

الْيَوْمَ أكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَأتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيْتُ لَكُمُ الإسْلاَمَ دِيْنًا

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu [almaidah : 3]

Adalah kewajiban bagi kita untuk melaksanakan kewajiban terhadap Alloh karena ni’matNya yang telah diberikannya kepada kita. Seseorang yang tidak melaksanakan kewajibannya kepada orang lain yang telah memberikannya sesuatu yang sangat berharga bagi dirinya, ia adalah orang yang tidak tahu terima kasih. Dan sungguh orang yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap Alloh adalah manusia yang paling tidak tahu terima kasih.

Sekarang mungkin anda bertanya : apakah kewajiban yang harus kita laksanakan kepada Alloh yang telah memberikannya karunia kepada kita ? jawabnya adalah karena Alloh telah memasukkan kita ke dalam kelompok pengikut rosululloh shollallohu alaihi wasallam maka buktinya adalah dengan cara menunjukkan sikap sebagai pengikut rosululloh shollallohu alaihi wasallam yang setia. Karena Alloh telah memasukkan kita ke dalam kelompok masyarakat muslim maka satu-satunya cara untuk memperlihatkan rasa terima kasih kita kepadaNya adalah dengan menjadi muslim yang benar.

Bila kita tidak menunjukkkan rasa syukur kita dengan cara demikian, maka hukuman atas sikap kita yang tidak tahu terima kasih itu, akan sebanding besarnya dengan karunia yang diberikannya kepada kita