Dunia tidak membutuhkan orang yang islamnya setengah-setengah

Dunia tidak membutuhkan orang yang islamnya setengah-setengah
Pandangan Abu A’la Almaududi 30

Muslim kaffah dan muslim setengah-setengah sungguh berbeda kendati secara hukum kedua-duanya termasuk dalam sebutan umat islam dan kata islam mungkin diterapkan kepada keduanya dengan derajat yang sama. Akan tetapi sesungguhnya dalam sejarah islam, macam orang islam setengah-setengah tidak pernah menghasilkan apa-apa yang patut dibanggakan.

Mereka tidak pernah berbuat sesuatu yang meninggalkan jejak islam dalam sejarah dunia, dunia belum pernah meresakan bobot orang-orang macam ini, sebaliknya merekalah yang menyebabkan runtuhnya islam. Maka kekuasaan atas pengaturan system ke dunia ini beralih ke tangan orang-orang kafir dan orang-orang islam terkuasai olehnya.
Orang seperti ini sudah merasa cukup puas dengan kebebasan beragama yang ia anut dalam arti yang sempit. Sungguh Alloh tidak pernah menghendaki adanya orang-orang islam macam ini. Alloh tidak pernah mengutus RosulNya dan tidak pernah menurunkan kitabNya untuk mengembangkan orang islam seperti ini.

Justru dengan tidak adanya orang-orang seperti ini maka umat manusia tidak akan mengalami kerusakan yang memerlukan diutusnya para rosul.