Kenapa kita tidak mendapat rahmat Alloh

Pandangan Abu A’la Almaududi (10)

Alloh mengirimkan kitabNya kepada kita hingga dengan membacanya kita mengenalNya dan tahu cara-cara untuk bisa menjadi hambaNya yang patuh. Apakah kita pernah mencoba untuk mengenal apa yang tertulis dalam kitab itu ? Alloh mengutus rosul untuk mengajari kita cara menjadi muslim, apakah kita pernah mencoba untuk mempelajari ajarannya ?

Alloh menunjukkan kepada kita jalan untuk memperoleh kehormatan di dunia dan akhirat, apakah kita sudah menuruti jalan tersebut ? Alloh dengan jelas telah menunjukkan perbuatan-perbuatan yang akan menyebabkan kehinaan di dunia dan akhirat, apakah kita sudah menghindari perbuatan-perbuatan tersebut ?

Bila kita tidak mengetahui kitabulloh dan sunnah rosulNya yang dengannya kita tidak mengetahui mana perbuatan yang akan menghinakan kita dan perbuatan mana yang akan menyebabkan kita mendapatkan kemulyaan maka bagaimana mungkin kita bisa disebut sebagai muslim yang berhak menerima rahmatNya ? rahmat yang akan kita peroleh berbanding lurus dengan kwalitas tingkat pengetahuan dan amal terhadap keduanya