Kedekatan nabi shollallohu alaihi wasallam dengan istrinya saat haidh
عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ إنَاءٍ وَاحِدٍ كِلانا جُنُبٌ وَكَانَ يَأْمُرُنِي فَأَتَّزِرُ فَيُبَاشِرُنِي وَأَنَا حَائِضٌ وَكَانَ يُخْرِجُ رَأْسَهُ إلَيَّ وَهُوَ مُعْتَكِفٌ فَأُرَجِّلُهُ وَأَنَا حَائِضٌ
Dari Aisyah rodliyallohu anha berkata : aku mandi bersama rosululloh shollallohu alaihi wasallam dari satu bejana padahal kami berdua dalam keadaan junub, beliau perintahkan aku untuk mengenakan kain sehingga beliau mencumbuiku padahal aku sedang haidh, adalah beliau di saat i’tikaf mengeluarkan kepalanya sehingga aku menyisiri rambutnya padahal aku sedang haidh [HR Bukhori Muslim]
عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَتَّكِئُ فِي حِجْرِي فَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَأَنَا حَائِضٌ
Dari Aisyah rodliyallohu anha berkata : adalah rosululloh shollallohu alaihi wasallam menyandarkan diri di pangkuanku lalu beliau membaca alquran padahal aku sedang haidh [HR bukhori Muslim]
Dari hadits ini kita dapat mengetahui bahwa beliau tetap memiliki kedekatan dengan istrinya di kala haidh :
• Di kamar mandi dengan cara mandi berdua
• Di tempat tidur dengan saling bercumbu yang tidak menyebabkan persetubuhan
• Di luar rumah dengan cara menengok beliau saat i’tikaf untuk menyisiri rambut beliau
• Berada di pangkuan istri untuk membaca alquran
Sungguh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kaum yahudi, di saat istri mereka sedang haidh mereka enggan untuk berkumpul dengannya di rumah.
Maroji’ :
- Umdatul ahkam bab haidh
- Tafsir ibnu Katsir 1/320