13-1 : 0

13-1 : 0

Menurut ilmu matematika bila angka tiga belas dikurangi satu maka akan berjumlah dua belas. Kaedah ini tidak berlaku terhadap kisah Yusuf alaihissalam ketika ia berada di Mesir. Di saat parasnya yang begitu mempesona membuat Zulaikha menginginkan dirinya.

Di saat hasrat Zulaikha memuncak, ternyata pada awalnya Yusuf memiliki hasrat pula untuk melayani keinginannya. Hal ini diterangkan oleh Alloh dalam alquran :

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِى هُوَ فِي بِيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ قاَلَ مَعاَذَا الله إنَّهُ رَبِّي أحْسَنَ مَثْوَاي إنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الظَّالِمُوْنَ وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا لَوْلاَ أنْ رءَا بُرْهاَنَ رَبِّهِ كَذَالِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوْءَ وَالْفَحْشَاءَ إنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِيْنَ

23. Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan Dia menutup pintu-pintu, seraya berkata: "Marilah ke sini." Yusuf berkata: "Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik." Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung.

24. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata Dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu Termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih. [yusuf : 23-24]

Syaikh Muhammad Sholih Almunajjid menyebut 13 pendukung terjadinya perzinahan antara Yusuf dan Zulaikha :

1. Zulaikha yang menggoda Yusuf. Yang menggoda bukan Yusuf akan tetapi Zulaikha. Jika seorang perempuan mengajak pada lelaki untuk melakukan perbuatan maksiat, pengaruhnya tidak seperti jika seorang lelaki yang mengajak seorang perempuan untuk melakukan perbuatan maksiat. Beban psikologi akan hilang karena jika yang mengajak adalah lelaki maka akan terjadi kekhawatiran si wanita akan berontak, berteriak dan minta tolong.
2. Yusuf tinggal di rumah Zulaikha, ia tidak akan dicurigai bila ia berada di ruang manapun di rumah itu.
3. Pintu sudah tertutup sehingga perbuatan itu tidak akan diketahui oleh siapapun
4. Zulaikha membuat pancingan dengan mengatakan haita laka (kemarilah)
5. Yusuf berusia muda sehingga hasrat nafsu sedang bergelora
6. Zulaikha adalah tuan dari yusuf sehingga ia mempunyai otoritas untuk menyuruh dan melarang
7. Yusuf adalah hamba sahaya, karena orang yang bukan hamba sahaya mempunyai ketakutan namanya tercemar, berbeda dengan hamba sahaya.
8. Yusuf adalah pendatang yang negerinya jauh jaraknya dari Mesir sehingga rasa takut namanya tercemar akan hilang berbeda dengan penduduk pribumi
9. Zulaikha berparas cantik
10. Zulaikha memiliki kekuasaan di Mesir
11. Suami Zulaikha tidak ada di tempat
12. Zulaikha menggoda Yusuf dengan daya pikat wanita
13. Zulaikha mengintimidasi Yusuf dengan penjara

Ternyata ketiga belas peluang itu sirna manakala muncul satu faktor saja yaitu :

لَوْلاَ أنْ رءَا بُرْهاَنَ رَبِّهِ

andaikata Dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya
karena bimbuingan Allohlah yang menyebabkan perbuatan keji itu tidak terjadi. Demikianlah sifat terpuji Yusuf ini diajarkan oleh rosululloh shollallohu alaihi wasallam ketika beliau menyebut tujuh kelompok yang akan mendapat naungan pada hari kiamat :

وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ

seorang laki-laki yang dirayu oleh wanita bangsawan lagi cantik untuk berbuat mesum lalu ia menolak seraya berkata, 'Aku takut kepada Allah.' [HR Bukhori Muslim]
demikianlah seseorang bila senantiasa ingat Alloh akan selamat dari jerat maksiat

semoga kita bisa meneladani nabi Yusuf alaihissalam

maroji’ : seratus faedah dari surat Yusuf, Syaikh Muhammad Sholih Munajjid hal 45