Islam agama yang mudah

Islam agama yang mudah

Islam adalah agama yang mudah bukan sulit, memberikan kelapangan bukan kesempitan, penuh dengan toleransi jauh dari pemaksaan, sebagai bukti akan kasih sayang Alloh kepada hambaNya. Beberapa ayat di bawah ini memberi bukti kepada kita akan keindahan syariat islam :

يُرِيْدُ الله أنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ وَخُلِقَ الإِنْساَنُ ضَعِيْفاً

Allah hendak memberikan keringanan kepada kamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah [annisa : 28]
Syaikh Abdurrohman Nashir Assa’di berkata : Alloh memberi kemudahan di saat menurunkan perintah dan larangan kepada kalian, lalu dengan munculnya masyaqqoh (kesulitan) dalam beberapa syariat, Alloh membolehkan pemenuhan kebutuhan kalian seperti makan darah dan bangkai di saat kondisi mendesak dan pembolehan menikahi budak wanita dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Yang demikian itu merupakan bukti kasih sayangNya yang sempurna, kebaikanNya yang menyeluruh dan luasNya ilmu akan lemahnya hamba dari berbagai segi. Lemah susunan tubuhnya, lemah irodah (kehendak), lemah ‘azimah, lemah iman, lemah kesabaran sehingga Alloh menyesuaikannya dengan memberikan keringanan akan ketidak mampuan iman, kesabaran dan kekuatannya

وَماَ جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِّنْ حَرَجٍ

Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesulitan [alhaj : 78]

Syaikh Abu Bakar Jabir Aljazairi berkata : inilah karunia yang Alloh ingatkan kepada orang beriman agar bersyukur kepadaNya, dimana Alloh tidak mempersulit kalian dalam menjalankan perintahNya. Justru Alloh member keleluasaan sehingga Alloh jadikan taubat sebagai penebus dosa demikian juga dengan kifarot dan rukshoh untuk menqoshor sholat dan meninggalkan sholat serta tayamum bagi siapa yang tidak mendapatkan air

يُرِيْدُ الله بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Alloh menginginkan kemudahan bagi kalian dan tidak menginginkan kesulitan bagi kalian [albaqoroh : 185]

Syaikh Muhammad Sholih Ustaimin berkata : segala puji bagi Alloh, inilah din islam, ia adalah din samaahah (toleransi), kemudahan, kebaikan dan kelapangan.

Oleh karena itulah Alloh memberikan banyak rukhshoh kepada kita demi kemudahan ketika melaksanakan ketaatan dan keterpaksaan untuk menempuh sedikit dari larangan.

Maroji’ :

Taisir Alkarim Arrohman, Abdurrohman Nashir Assa’di 1/253
Aisarut Tafasir, Syaikh Abu Bakar Jabir Aljazairi hal 965
Syarh Riyadlush Sholihin, Syaikh Muhammad Sholih Utsaimin 1/385