akibat maksiat (15)

(15) Umpatan Dari Makhluq

Sering perbuatan maksiat yang dilakukan akan berakibat pada orang lain. Seorang yang tengah mabuk akan berimbas pada rusaknya fasilitas, luka seseorang akibat dari amukannya. Maka sumpah serapah akan keluar dari mulut-mulut manusia yang geram dengan tingkah polahnya.
Seorang pembunuh yang sedang melakukan rekontruksi, caci-maki akan terdengar dari masyarakat yang menyaksikannya. Dasar manusia tak beradab ! manusia kejam ! tidak manusiawi ! … dan kata-kata kasar lainnya yang ditujukan pada sang pembunuh.

Abu Huroiroh berkata : sesungguhnya Hubaro (burung yang lehernya panjang) sungguh akan mati di sangkarnya akibat kelakuan orang dzolim.

Mujahid berkata : sesungguhnya binatang senatiasa melaknat para pelaku maksiat dari kalangan bani Adam bila musim kemarau berkepanjangan dan hujan tidak segera turun, ia berkata “ ini gara-gara maksiat anak turun Adam “

Ikrimah berkata : dawab (binatang yang berjalan di atas tanah), hawam (serangga) dan kumbang hingga kalajengking akan berkata : hujan tidak turun, ini semua gara-gara maksiat anak Adam.