Antara Buah Dan makanan Utama


Makanan utama adalah sumber energi. Dengannya kita bertenaga dan bisa beraktifitas. Buah juga memiliki manfaat yang tidak bisa diremehkan. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, kita wajib mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah mengandung mineral, vitamin, dan gizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan serat dan air yang terdapat dalam buah-buahan membuat perut kita menjadi kenyang, sehingga dapat digunakan sebagai program diet sekaligus menyehatkan tubuh.

Makan buah dalam keadaan perut kosong. Ini akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Hal lain yang perlu kita ketahui adalah bahwa setelah makan buah, beri tenggang waktu kurang lebih 30 menit sebelum Anda makan makanan lainnya.

Jika Anda ingin makan buah setelah makan, maka sebaiknya tunggu sekitar 3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh.

Makan buah sebelum makan makanan utama adalah sunnah rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Ini bisa dilihat dari anjuran beliau kepada orang yang shoum untuk berbuka dengan kurma yang tidak lain ia adalah bagian dari buah :

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda : Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci [HR Imam Lima]