(Sujud Dalam Timbngan Aqidah 16)
Secara fariatif, Alloh mengisahkannya dalam alquran :
1.
Albaqoroh
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ
اسْجُدُوا لِآَدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ
الْكَافِرِينَ
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat :
Sujudlah kamu kepada Adam, Maka sujudlah mereka kecuali Iblis, ia enggan dan
takabur dan adalah ia termasuk golongan
yang kafir [albaqoroh : 34]
2.
Al a’rof
وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ
صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآَدَمَ فَسَجَدُوا
إِلَّا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ
Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami
bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada Para Malaikat : Bersujudlah kamu
kepada Adam, Maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak Termasuk mereka
yang bersujud [al a’rof : 11]
3.
Alhijr
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ
لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ
مَسْنُونٍ فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ
فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ
أَجْمَعُونَ إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى أَنْ
يَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ
28. dan (ingatlah), ketika Robmu berfirman kepada Para
Malaikat : Sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat
kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,
29. Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan
telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya
dengan bersujud.
30. Maka bersujudlah Para Malaikat itu semuanya bersama-sama,
31. kecuali iblis. ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang
sujud itu [alhijr : 28-31]
4. Al isro
وَإِذْ قُلْنَا
لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآَدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ
لِمَنْ خَلَقْتَ طِينًا
Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada Para Malaikat :
Sujudlah kamu semua kepada Adam, lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata :
"Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah ? [al isro : 61]
5. Thoha
وَإِذْ قُلْنَا
لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآَدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى
Dan (ingatlah) ketika Kami berkata kepada Malaikat : Sujudlah
kamu kepada Adam, Maka mereka sujud kecuali iblis. ia membangkang [Thoha : 116]
6. Shod
إِذْ قَالَ رَبُّكَ
لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ
رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ فَسَجَدَ
الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ
إِلَّا إِبْلِيسَ اسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ
71. (ingatlah) ketika Robmu berfirman kepada Malaikat :
Sesungguhnya aku akan menciptakan manusia dari tanah.
72. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan
kepadanya roh (ciptaan)Ku; Maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud
kepadaNya.
73. lalu seluruh malaikat-malaikat itu bersujud semuanya,
74. kecuali Iblis; Dia menyombongkan diri dan adalah Dia
Termasuk orang-orang yang kafir [shod : 71-74]
Enam dalil di atas berisi penolakan iblis terhadap perintah
Alloh, berupa sujud kepada Adam. Lalu apa yang dimaksud sujud pada ayat-ayat di
atas ?
Imam Albaghowi menerangkan makna perintah sujud kepada
malaikat untuk Adam, ia berkata :
الأصح أن السجود كان لآدم
على الحقيقة، وتضمن معنى الطاعة لله عز وجل بامتثال أمره، وكان ذلك سجود تعظيم
وتحية لا سجود عبادة، كسجود إخوة يوسف له في قوله عز وجل "وخروا له
سجدا" ولم يكن فيه وضع الوجه على الأرض، إنما
كان الانحناء، فلما جاء الإسلام أبطل ذلك بالسلام.
Sujud malaikat adalah untuk Adam secara sebenarnya dan itu
meliputi makna ketaatan kepada Alloh Azza Wajalla dengan menunaikan
perintahNya. Itu dimaksudkan sebagai bentuk ta’dzim dan penghormatan bukan
sujud yang bernilai ibadah seperti sujudnya saudara-saudara Yusuf kepadanya
dalam firman Alloh Azza Wajalla “ Mereka merebahkan diri seraya bersujud
kepadanya “. Sujud pada ayat ini bukan meletakkan wajah di atas tanah melainkan
dengan membungkukkan badan. Ketika islam datang, syariat itu diganti dengan ucapan
salam.
Maroji’ :
Tafsir Albaghowi (maktabah syamilah) hal 6