Karyawan Berhak Menuntut Gaji Yang Belum Terbayarkan




(Karyawan Dan Standar Gaji 8) 

Gaji adalah hak karyawan. Bila terlambat, apalagi tidak terbayarkan maka dirinya punya hak menuntut kepada pimpinan agar menunaikan kewajiban yang merupakan haknya. Kisah tiga orang yang terjebak di dalam gua yang kemudian ketiganya memohon kepada Alloh agar digeser batu yang menutup gua adalah hujah bagi masalah ini. Ketiganya menyebut amal masing-masing dengan harapan Alloh mengabulkan doanya :

اللَّهُمَّ اسْتَأْجَرْتُ أُجَرَاءَ وأَعْطَيْتُهُمْ أجْرَهُمْ غيرَ رَجُل واحدٍ تَرَكَ الَّذِي لَهُ وَذَهبَ، فَثمَّرْتُ أجْرَهُ حَتَّى كَثُرَتْ مِنهُ الأمْوَالُ، فَجَاءنِي بَعدَ حِينٍ ، فَقالَ : يَا عبدَ اللهِ ، أَدِّ إِلَيَّ أجْرِي ، فَقُلْتُ : كُلُّ مَا تَرَى مِنْ أجْرِكَ : مِنَ الإبلِ وَالبَقَرِ والْغَنَمِ والرَّقيقِ ، فقالَ : يَا عبدَ اللهِ ، لاَ تَسْتَهْزِىءْ بي ! فَقُلْتُ : لاَ أسْتَهْزِئ بِكَ ، فَأَخَذَهُ كُلَّهُ فاسْتَاقَهُ فَلَمْ يتْرُكْ مِنهُ شَيئاً . الَّلهُمَّ إنْ كُنتُ فَعَلْتُ ذلِكَ ابِتِغَاءَ وَجْهِكَ فافْرُجْ عَنَّا مَا نَحنُ فِيهِ ، فانْفَرَجَتِ الصَّخْرَةُ فَخَرَجُوا يَمْشُونَ

Ya Alloh, sesungguhnya aku mempekerjakan beberapa karyawan. Aku berikan kepada mereka gaji kecuali satu orang saja karena dia pergi. Lalu aku kembangkan gajinya sehingga menjadi banyak. Tiba-tiba setelah beberapa tahun mereka datang menemuiku. Ia berkata : Wahai hamba Alloh, berikan kepadaku gaji hakku. Aku berkata : Semua yang engkau lihat adalah gajimu (berupa : onta, kambing dan sahaya). Ia berkata : Wahai hamba Alloh, janganlah engkau mempermainkanku ! Aku berkata : Aku tidak mempermainkanmu. Iapun segera mengambil seluruhnya dan menggiringnya, sama sekali tidak meninggalkan satupun darinya. Ya Alloh, jika aku melakukan itu karena mengharap wajahmu maka geserkan pintu gua ini yang menghalangiku keluar. Lalu tersingkaplah batu itu kemudian mereka bertiga keluar dan keluar  [muttafaq alaih]