Dasar ke empat belas




                                        Kaedah Ahlussunnah Waljamaah 

الأَصْلُ فِى أسْمَاءِ الله وَصِفَاتِهِ إِثْبَاتُ مَا أثْبَتَهُ تعالى لِنَفْسِهِ أَوْ أَثْبَتَهُ لهُ رَسُوْلُهُ صلى الله عليه وسلم مِنْ غَيْرِ تَكْيِيْفٍ وَلاَ تَمْثِيْلٍ وَنَفْىُ مَا نَفَاهُ الله تعالى عَنْ نَفْسِهِ أوْ نَفَاهُ عَنْه ُرسوله صلى الله عليه وسلم مِنْ غَيْرِ تَحْرِيْفٍ وَلا تَعْطِيْلٍ بَلْ نُؤْمِنُ بِأَنَّهُ سُبْحَانه لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السّمِيْعُ البَصِيْر مَعَ الإيْمَانِ بِمَعَانى أَلْفَاظِ النُّصُوْصِ وَمَا دَلَّتْ عَليْهِ وَعَدَمُ تَكْيِيْفِهَا أوْتَعْطِيْلِهَا عَنْ مَعْناهَا
Dasar dalam memahami asma’ Alloh dan shifatNya adalah  hanya menetapkan apa yang telah Alloh tetapkan untuk diriNya atau menetapkan apa yang telah ditetapkan oleh rosulNya shollallohu alaihi wasallam tanpa tahrif (merubah ma’na) tanpa ta’thil (peniadaan) dan menafikan apa yang Alloh nafikan untuk diriNya serta menafikan apa yang telah dinafikan rosulNya shollallohu alaihi wasallam tanpa tahrif, tanpa ta’thil akan tetapi kita mengimani bahwa Alloh Yang Maha Suci tidak ada yang menyamaiNya sedikitpun Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha melihat disertai mengimani ma’na lafadz yang terdapat dalam nash-nash tanpa takyif (menanyakan bagaimana) dari ma’nanya.

Penjelasan  :
 بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ
Tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka [al maidah:64]
قال النبى صلى الله عليه وسلم  يَجْعَلُ السَّمَوَاتِ عَلَى إصْبَعٍ  وَالْمَاءَ وَالثَّرَى عَلَى إصْبَعٍ وَسَائِرَ الْخَلْقِ عَلَى إ صْبَعٍ  رواه بخارى
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Alloh meletakkan langit di atas jari, air dan tanah di atas satu jari, seluruh makhluq di atas satu jari [HR Bukhori]
 كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ
Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali  wajah Allah [al qoshosh:88].
 وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي
Dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan mataKu [thoha:39]
قال النبى صلى الله عليه وسلم  لاَ تَزَالُ جَهَنَّمُ يُلْقَى فِيْهَا وَهِىَ تَقُوْلُ هَلْ مِنْ مَزِيْدٍ حَتّى يَضَعَ رَبُّ الْعِزَّةِ رِجْلَهُ فِيْهَا وَتَقُوْلُ قَط قَط  رواه بخارى
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : senantiasa neraka jahannam di dalamnya ahli neraka,jahannam berkata “ apakah ada tambahan ? ” hingga robbul izzati meletakkan kakiNya di dalamnya maka neraka berkata  “cukup-cukup” [HR Bukhori]

 الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
 Alloh yang Maha Pemurah. yang beristiwa di atas 'Arsy [thoha:5]
 
 وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ
Dan dia bersama kamu di mana saja kamu berada [al hadid:4]

قال صلى الله عليه وسلم يَضْحَكُ الله إلَى رَجُلَيْنِ يَقْتُلُ أحَدُهُمَا الاْخَرَ كِلاَهُمَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Alloh tertawa kepada dua orang yang saling bunuh yang keduanya akhirnya masuk ke dalam aljannah [HR Bukhori]

قال صلى الله عليه وسلم يَنْزِلُ رَبُّنَا إلىَ السَّمَاءِ الدّنْيَا كُلَّ لَيْلَةٍ حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الاخِرِ فَيَقُوْلُ مَنْ يَدْعُوْنِى فَأ سْتَجِيْبُ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأعْطِيْهِ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأغْفِرُلَهُ  رواه بخارى                                                                                                               
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : rob kita turun ke langit dunia ketika malam tinggal sepertiga, Allohpun berfirman ” siapa yang berdoa padaKu akan Aku kabulkan, siapa yang meminta padaKu maka akan Aku beri, siapa memohon ampun padaKu akan Aku ampuni “ [HR Bukhori]

الإسْتِوَاءُ مَعْلُوْمٌ وَاْلكَيْفُ مَجْهُوْلٌ وَالإ يْمَانُ  بِهِ وَاجِبٌ وَالسّؤَالُ عَنْهُ بِدْعَةٌ
Imam Malik berkata

Istiwa’ adalah ma’lum, kaifiyatnya tidak dapat diketahui, mengimaninya adalah wajib dan menanyakannya bid’ah
فَلَا تَضْرِبُوا لِلَّهِ الْأَمْثَالَ إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
Maka janganlah kamu mengadakan perbandingan bagi Allah. Sesungguhnya Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui. [an nahl:74]

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha mendengar dan melihat [asy syuro : 11]
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ
Allah, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur  [albaqoroh : 255]

وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِنْ لُغُوبٍ
Dan Sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan  [qof : 38]

 لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan  [al ikhlash : 3]

إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allah tidak mendzolimi seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar  [annisa : 40]
وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ
Dan Alloh tidak akan lalai terhadap apa yang telah kalian kerjakan [albaqoroh : 74]