Catatan Wajib Dan Sunnah (1)
Ini adalah kaedah baku. Rosululloh shollallohu alaihi
wasallam bersabda :
وما تقرب إلي عبدي بشيء أحب إلى مما
افترضت عليه . وما يزال عبدي يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه
Tidak ada bentuk taqorrob dari hambaKu dengan sesuatu yang
lebih aku sukai dari ibadah yang aku wajibkan
[HR
Bukhori]
Untuk lebih memperjelas hadits di atas kita bisa
memperhatikan komentar para ulama :
Imam Nawawi dalam syarh arba’in :
فيه دليل على أن فعل الفريضة أفضل من
النوافل وجاء في الحديث أن ثواب الفريضة يفضل على ثواب النافلة بسبعين مرة
Hadits di atas merupakan dalil bahwa menunaikan ibadah wajib
lebih afdhol dari ibadah sunnah dan pada hadits lain disebutkan pahala ibadah
wajib lebih besar dari ibadah sunnah dengan kelipatan tujuh puluh kali
Imam daqiqul Ied dalam syarh arba’in berkata :
فيه إشارة إلى أنّه لا تقدم نافلة على
فريضة
Hadits ini memberi isyarat bahwa ibadah sunnah tidak boleh
didahulukan atas ibadah wajib
Ibnu Rojab dalam jami’ul ulum walhikam menampilkan perkataan
Umar bin Khothob :
أداء الأعمال أداء ما افترض الله والورع
عما حرم الله وصدق النية فيما عند الله
Amal yang paling afdhol adalah menunaikan ibadah wajib, sikap
waro terhadap apa yang Alloh haramkan dan sikap jujur dalam niat di sisi Alloh
Ibnu Rojab juga menampilkan perkataan Umar bin Abdul Aziz :
أفضل العبادة أداء الفرائض واجتناب المحارم
Ibadah yang paling afdhol adalah menunaikan ibadah wajib dan
menjauhi perkara haram
Syaikh Salim Ied Alhilali berkata :
أداء الرائض مقدم على النوافل
Ibadah wajib harus didahulukan atas
ibadah sunnah
Bukti dari semua kaedah di atas diantaranya diurungkannya
sholat tahiyatul wajib atau sunnah rowatib bila iqomat berkumandang :
إذا أقيمت الصلاة فلا صلاة إلا المكتوبة
Bila iqomat untuk sholat sudah dikumandangkan maka tidak ada
sholat apapun selain sholat sunnah [HR Muslim]
Maroji’ :
Jamiul Ulum Walhikam, Ibnu Rojab hambali hal 606
Syarh Arba’in Annawawiyyah hal 258 dan 260
Bahjatunnadzirin, Syaikh Salim Ied Alhilali 1/159