Membaca basmallah saat masuk rumah




                                              Bagaimana Menyengsarakan Setan (3) 

Ketika manusia membutuhkan tempat berteduh berupa rumah, demikian juga pada diri setan. Rumah-rumah yang tidak disebut nama Alloh (bismillah) saat memasukinya maka membuat setan leluasa untuk memasukinya. Untuk itulah rosululloh shollallohu alaihi wasallam mengingatkan kita :

عن جابرٍ رضي الله عنه ، قَالَ : سَمِعْتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم ، يقولُ : إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ ، فَذَكَرَ اللهَ تَعَالَى عِنْدَ دُخُولِهِ ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ ، قَالَ الشَّيْطَانُ لأَصْحَابِهِ : لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ تَعَالَى عِنْدَ دُخُولِهِ ، قَالَ الشَّيْطَانُ : أدْرَكْتُمُ المَبِيتَ ؛ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ تَعَالَى عِنْدَ طَعَامِهِ ، قَالَ : أدْرَكْتُم المَبيتَ وَالعَشَاءَ رواه مسلم .
Dari Jabir rodliyallohu anhu, berkata : Aku mendengar rosululloh shollallohualaihi wasallam bersabda : Apabila seseorang masuk ke dalam rumahnya lalu menyebut nama Alloh Ta’ala saat memasukinya dan saat makannya maka setan akan berkata kepada teman-temannya “ Tidak ada tempat bermalam bagi kalian tidak pula santap makan “ Akan tetapi bila masuk tanpa menyebut nama Alloh saat memasukinya, setan akan berkata “ Kalian mendapat tempat untuk bermalam “. Bila tidak menyebut nama Alloh saat makan, setan berkata “ Kalian bisa bermalam dan mendapat kesempatan makan malam  [HR Muslim]