Kiblat Dalam Timbangan Aqidah (2)
Itu ditujukan untuk ta’lif (melembutkan) hati kaum yahudi
dengan harapan mereka mengikuti dakwah beliau. Abul Hasan Ali Bin Muhammad Bin
Ibrohim Bin Umar Asy Syaihi berkata :
أن النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه كانوا يصلون
بمكة إلى الكعبة ، فلما هاجر إلى المدينة أحب أن يستقبل بيت المقدس يتألف بذلك
اليهود وقيل إن الله تعالى أمره بذلك ليكون أقرب إلى تصديق اليهود إياه ، إذا صلّى
إلى قبلتهم مع ما يجدون من نعته وصفته في التوراة فصلّى إلى بيت المقدس بعد الهجرة
ستة عشر أو سبعة عشر شهراً
Bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam dan para sahabatnya
dulu di Mekah sholat menghadap ka’bah. Ketika hijrah ke Madinah, beliau lebih
menyukai menghadap ke arah baitul maqdis dengan tujuan melembutkan kaum yahudi.
Ada juga yang berpendapat bahwa Alloh Ta’ala memerintahkannya agar lebih
mendekatkan penerimaan yahudi kepada misi dakwah beliau bila sholat menghadap
ke arah kiblat mereka dimana sifat mereka (yang buruk) tercantum di kitab
taurot. Akhirnya beliau sholat menghadap baitul maqdis setelah hijrah selama
enam belas atau tujuh belas bulan
Maroji’ :
Lubabutta’wil Fi Ma’anittanzil, Abul Hasan Ali Bin Muhammad
Bin Ibrohim Bin Umar Asy Syaihi (maktabah syamilah) hal 22