Kiblat Dalam Timbangan Aqidah (13)
Banyak dilakukan dengan menghadap ke arah kiblat, diantaranya
:
1. Thowaf
Diawali dengan menghadap ke arah kiblat tepatnya berdiri
sejajar dengan hajar aswad, lalu berjalan dengan ka’bah berada di sebelah kiri.
2. Sa’i
Awal mula sa’i menghadap kiblat dengan membaca :
لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ
لَهُ, لَهُ اَلْمُلْكُ, وَلَهُ اَلْحَمْدُ, وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ,
لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ, وَنَصَرَ عَبْدَهُ,
وَهَزَمَ اَلْأَحْزَابَ وَحْدَهُ
Ini berdasar sebuah hadist :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم حَجَّ فَلَمَّا دَنَا مِنَ اَلصَّفَا
قَرَأَ: إِنَّ اَلصَّفَا وَاَلْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اَللَّهِ أَبْدَأُ بِمَا
بَدَأَ اَللَّهُ بِهِ فَرَقِيَ اَلصَّفَا, حَتَّى رَأَى اَلْبَيْتَ, فَاسْتَقْبَلَ
اَلْقِبْلَةَ فَوَحَّدَ اَللَّهَ وَكَبَّرَهُ وَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ
وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ, لَهُ اَلْمُلْكُ, وَلَهُ اَلْحَمْدُ, وَهُوَ عَلَى
كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ, لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ,
وَنَصَرَ عَبْدَهُ, وَهَزَمَ اَلْأَحْزَابَ وَحْدَهُ ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذَلِكَ
ثَلَاثَ مَرَّاتٍ
Dari Jabir Ibnu Abdullah bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menunaikan haji ................
Ketika sudah mendekat Shofa, beliau membaca: "(Artinya = Sesungguhnya
Shofa dan Marwa adalah termasuk syiar agama Allah), aku mulai dengan apa yang
dimulai oleh Allah." Lalu beliau menaiki puncak Shofa sehingga dapat melihat
Ka'bah. Kemudian beliau menghadap Ka'bah, lalu membaca kalimat Tauhid dan
Takbir, dan mengucapkan: "(artinya = Tiada ilah yang berhak diibadahi
selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan,
bagi-Nya segala puji, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada ilah yang
berhak diibadahi selain Allah Yang Esa, yang menepati janji-Nya, menolong
hamba-Nya, dan menghancurkan golongan-golongan musuh sendirian)". Kemudian
beliau berdoa seperti itu tiga kali, lalu turun ke Marwa [HR Muslim]
Hal ini dilakukan kembali saat
berada di Marwa
3. Saat di masy’aril harom setelah
mabit di Muzdalifah
فَصَلَّى اَلْفَجْرَ, حِينَ تَبَيَّنَ لَهُ
اَلصُّبْحُ بِأَذَانٍ وَإِقَامَةٍ ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى أَتَى اَلْمَشْعَرَ
اَلْحَرَامَ, فَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَدَعَاهُ, وَكَبَّرَهُ, وَهَلَّلَهُ
فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى أَسْفَرَ جِدًّا. فَدَفَعَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ
اَلشَّمْسُ
Beliau sholat Shubuh tatkala waktu
Shubuh sudah tampak jelas dengan adzan dan qomat. Kemudian berangkat dengan
kendaraannya, dan ketika sampai di Masy'aril Haram beliau menghadap kiblat,
lalu membaca doa, takbir, dan tahlil. Beliau tetap berada di situ hingga terang
benderang lalu bertolak ke Mina sebelum matahari terbit
4. Wukuf di Arofah
فَأَجَازَ حَتَّى أَتَى عَرَفَةَ, فَوَجَدَ اَلْقُبَّةَ
قَدْ ضُرِبَتْ لَهُ بِنَمِرَةَ فَنَزَلَ بِهَا. حَتَّى إِذَا زَاغَتْ اَلشَّمْسُ
أَمَرَ بِالْقَصْوَاءِ, فَرُحِلَتْ لَهُ, فَأَتَى بَطْنَ اَلْوَادِي, فَخَطَبَ
اَلنَّاسَ. ثُمَّ أَذَّنَ ثُمَّ أَقَامَ, فَصَلَّى اَلظُّهْرَ, ثُمَّ أَقَامَ
فَصَلَّى اَلْعَصْرَ, وَلَمْ يُصَلِّ بَيْنَهُمَا شَيْئًا. ثُمَّ رَكِبَ حَتَّى
أَتَى اَلْمَوْقِفَ فَجَعَلَ بَطْنَ نَاقَتِهِ اَلْقَصْوَاءِ إِلَى الصَّخَرَاتِ,
وَجَعَلَ حَبْلَ اَلْمُشَاةِ بَيْنَ يَدَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ, فَلَمْ
يَزَلْ وَاقِفاً حَتَّى غَرَبَتِ اَلشَّمْسُ,
...... lalu beliau berangkat
menuju Arafah, dan beliau telah mendapatkan kemahnya telah dipasang di Namirah.
Beliau singgah di tempat tersebut. Ketika matahari tergelincir, beliau menyuruh
agar disiapkan unta Qoshwanya dan disiapkanlah unta tersebut untuknya. Beliau
ke tengah lembah dan berkhutbah di tengah-tengah manusia. setelah adzan dan
qomat beliau sholat Dhuhur. Kemudian qomat dan sholat Ashar, dan beliau tidak
melakukan sholat apapun antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan menuju
tempat wuquf. Beliau merapatkan perut untanya ke batu-batu besar. Beliau
berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat. Beliau terus wukuf hingga
matahari terbenam ....
5. Setelah melempar jumroh
Saat di Mina untuk melempar
jumroh. Ibnu Umar meriwayatkan :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضى الله عنهما أَنَّهُ كَانَ يَرْمِى الْجَمْرَةَ الدُّنْيَا
بِسَبْعِ حَصَيَاتٍ ، يُكَبِّرُ عَلَى إِثْرِ كُلِّ حَصَاةٍ ، ثُمَّ يَتَقَدَّمُ
حَتَّى يُسْهِلَ فَيَقُومَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ فَيَقُومُ طَوِيلاً ،
وَيَدْعُو وَيَرْفَعُ يَدَيْهِ ، ثُمَّ يَرْمِى الْوُسْطَى ، ثُمَّ يَأْخُذُ ذَاتَ
الشِّمَالِ فَيَسْتَهِلُ وَيَقُومُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ فَيَقُومُ طَوِيلاً
وَيَدْعُو وَيَرْفَعُ يَدَيْهِ ، وَيَقُومُ طَوِيلاً ، ثُمَّ يَرْمِى جَمْرَةَ
ذَاتِ الْعَقَبَةِ مِنْ بَطْنِ الْوَادِى ، وَلاَ يَقِفُ عِنْدَهَا ثُمَّ
يَنْصَرِفُ فَيَقُولُ هَكَذَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم
Dari Ibnu Umar rodliyallohu anhuma bahwa ia melempar jumroh
addun-ya dengan tujuh batu sambil bertakbir pada tiap lemparan lalu maju hingga
mendapat tempat yang longgar lalu berdiri menghadap kiblat dalam waktu lama
berdoa dengan mengangkat kedua tangannya. Setelah itu melempar jumroh wustho
lalu mengambil arah kiri untuk mendapat posisi longgar. Ia berdiri menghadap
kiblat dalam waktu lama untuk berdoa dengan mengangkat kedua tangannya.
Selanjutnya melempar jumroh aqobah di perut lembah. Ia tidak berdiri di sisinya
lalu pergi. Ibnu Umar berkata : Demikianlah yang aku lihat dari nabi
shollallohu alaihi wasallam [HR Bukhori]