Hawa, Benarkah Yang Membuat Adam Melanggar Larangan ?


Adam VS iblis (22)

Sering kita jumpai, para penceramah ketika menceritakan kisah Adam memakan buah larangan, Hawa disebut sebagai sumber masalah. Ketika Adam tidak berhasil digoda, iblis mengarahkan tipuannya kepada Hawa. Rupanya ia berhasil dijerat karena sifat wanita yang lemah dan mudah diperdaya. Dengan lembut Hawa merayu Adam agar mendekati pohon. Kasih sayang Adam kepada istri, membuat Adam bisa diluluhkan hatinya. Demikianlah kira-kira inti dongengan yang dikembangkan para da’i.


Benarkah demikian ? Kisah di atas sebenarnya tercantum di banyak kitab tafsir. Akan tetapi yang harus dicatat bahwa semua berstatus riwayat isroiliyyat. Artinya tidak pernah hal itu disampaikan oleh rosululloh shollallohualaihi wasallam melainkan berasal dari para ahlul kitab yang akhirnya masuk islam. Tatkala mereka menyimak alquran, rupanya apa yang mereka dengar tercantum juga dalam kitab-kitab yang dahulu mereka pegang dengan tambahan cerita. Dengan begitu mereka menyampaikannya kepada para sahabat.


Bagaimana sikap kita kepada riwayat-riwayat yang mereka bawakan ? Rosululloh shollallohu alaihi wasallam memberi kaedah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh :


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ أَهْلُ الْكِتَابِ يَقْرَءُونَ التَّوْرَاةَ بِالْعِبْرَانِيَّةِ وَيُفَسِّرُونَهَا بِالْعَرَبِيَّةِ لأَهْلِ الإِسْلاَمِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ  صلى الله عليه وسلم لاَ تُصَدِّقُوا أَهْلَ الْكِتَابِ ، وَلاَ تُكَذِّبُوهُمْ وَقُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ  

Dari Abu Huroiroh berkata : Ahlul kitab membaca taurot dengan bahasa ibrani lalu mereka menafsirkannya ke dalam bahasa Arab kepada kaum muslimin. Maka rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Janganlah kalian membenarkan ahlul kitab, jangan pula mendustakannya. Akan tetapi ucapkanlah “ Kami beriman kepada Alloh dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepada kalian “ [HR Bukhori, Nasa’i dan Baihaqi]


Ibnu Hajar Al Atsqolani menilai bahwa berdasarkan hadits ini kita dilarang membenarkan riwayat ahlul kitab yang tidak jelas kebenarannya.


Kita juga harus tahu bahwa ajaran para nabi dari kalangan bani israil terjadi perubahan dan penyelewengan. Ketetapan halal mereka rubah menjadi halal demikian juga sebaliknya. Ayat yang berisi tentang terutusnya Muhammad sebagai nabi terakhir, mereka sembunyikan. Dosa zina yang mengharuskan pelakunya dirajam dihapus. Walhasil betapa banyak firman Alloh yang dihilangkan dan disisipi tambahan cerita.


Kalau begitu keadaannya, tentu menjadikan riwayat isroiliyyat sebagai dasar ilmu adalah perbuatan yang membahayakan bagi kemurnian ajaran islam. Bagi siapa saja yang menyimak tafsir assa’di, pasti akan mengetahui betapa beliau adalah ulama yang sangat tegas menolak kisah isroiliyyat sehingga kitab tafsir yang beliau susun, bersih dari riwayat ini. Maka dari itu, tidak perlu menceritakan kisah Hawa sebagai biang keladi pada dosa Adam kecuali menyampaikan kepada masyarakat, bahwa cerita ini bersumber dari riwayat isroiliyyat.


Adapun riwayat yang berkenaan Hawa yang merayu iblis adalah disebutkan oleh Ath Thobari, Ibnu Katsir, Alkhozin dan lainnya dimana riwayat itu mengatakan :


قال ابن عباس رضي الله عنهما : لما أكل آدم من الشجرة قيل له : لم أكلت من الشجرة التي نهيتك عنها؟ قال : حواء أمرتني . قال فأني أعقبتها أن لا تحمل إلا كرهاً ولا تضع إلا كرهاً قال فرنت حواء عند ذلك رنة فقيل لها الرنة عليك وعلى بناتك وقال محمد بن قيس :

Ketika Adam memakan buah dari pohon terlarang maka dikatakan kepadanya : Kenapa engkau memakan buah dari pohon itu dimana aku sudah melarangnya ? Adam menjawab : Hawa yang menyuruhku. Alloh berfirman : Sesungguhnya Aku menghukumnya berupa dia tidak akan hamil kecuali dalam keadaan menderita dan tidak pula melahirkan kecuali dalam keadaan menderita. Hawapun menjerit saat itu. Lalu dikatakan kepadanya : Jeritan itu akan menimpa dirimu, juga anak-anak perempuanmu


Maroji’ :

Fathul Bari 8/210