Masuknya orang kafir ke dalam masjid


                                                                       Masjid (7)

Hukumnya boleh bila ada keperluan seperti menampung korban bencana alam dan yang semisalnya. Hal ini berdasarkan hadits :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : بَعَثَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم خَيْلاً  فَجَاءَتْ بِرَجُلٍ  فَرَبَطُوهُ بِسَارِيَةٍ مِنْ سَوَارِي اَلْمَسْجِدِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah mengirim pasukan berkuda lalu mereka datang membawa seorang tawanan mereka mengikatnya pada salah satu tiang masjid. [Muttafaq Alaihi]

Tawanan yang dimaksud adalah seorang musyrik yang bernama Tsumamah Bin Atsal. Ia diikat di masjid selama tiga hari hingga akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat di hadapan nabi shollallohu alaihi wasallam.

Dalil lain berkenaan masalah ini adalah :

عَنْ أبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ الْيَهُودَ أَتَوْا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ

Dari Abu Huroiroh : Bahwa orang-orang yahudi menemui nabi shollallohu alaihi wasallam di masjid [HR Abu Daud]

Imam Syafi’i berkata :

ولا بأس أن يبيت المشرك في كل مسجد إلا المسجد الحرام

Tidak mengapa orang musyrik menginap di semua masjid kecuali masjidil harom

Maroji’ :

Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq 1/213