Bahan Dasar Penciptaan Manusia


                                                                    Manfaat Tanah (1)


Adam diciptakan dari tanah. Inilah pernyataan iblis kepada Alloh :

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

Alloh berfirman : Apa yang menghalangimu untuk tidak bersujud ketika aku perintahkan kepadamu ? Iblis berkata : Aku lebih baik darinya. Engkau ciptakan aku dari api, sementara engkau ciptakan dia dari tanah [al a’rof : 12]

Lalu dari mana iblis mengetahui hal ini ? Tentu dari pernyataan Alloh di hadapan malaikat :

إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ

Ketika Robmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah [shod : 71]

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ

Ketika Robmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk [alhijr : 28]

Selanjutnya secara umum, Alloh sampaikan dasar penciptaan manusia kepada kita dengan firmanNya :

خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ كَالْفَخَّارِ

Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar [arrohman : 14]

Kesimpulan dari ayat-ayat di atas :

1.      Dasar penciptaan manusia dari tanah diketahui oleh malaikat, iblis dan manusia itu sendiri

2.      Penjelasan tentang dasar penciptaan manusia dimulai dari hal yang bersifat umum, yaitu tanah lalu tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk