Setan Mengganggu Sholat Dengan Mengacaukan Bacaan


Gangguan Setan Saat Sholat (4)

Terkadang seorang yang sedang menunaikan sholat mengalami gangguan dalam bacaannya, semisal lupa ayat yang tengah dibaca setelah alfatihah. Atau bacaan tahiyat yang tidak kunjung selesai karena selalu terulang. Bisa juga bacaan sujud dibawakan saat duduk diantara dua dua sujud.

Ini menunjukkan berhasilnya setan mengacaukan kekhusyuan sholat. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam menyebut setan Khinzib yang melakukannya. Kalau itu pernah kita alami, ternyata seorang sahabat, Utsman Bin Abul Ash juga pernah merasakannya sehingga ia segera menanyakannya kepada rosululloh shollallohu alaihi wasallam :

عَنْ عُثْمَانَ بْن أَبِى الْعَاصِ أَتَى النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ الشَّيْطَانَ قَدْ حَالَ بَيْنِى وَبَيْنَ صَلاَتِى وَقِرَاءَتِى يَلْبِسُهَا عَلَىَّ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ذَاكَ شَيْطَانٌ يُقَالُ لَهُ خِنْزِبٌ فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَاتْفِلْ عَلَى يَسَارِكَ ثَلاَثًا  قَالَ فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَهُ اللَّهُ عَنِّى.

Dari Utsman Bin Abul Ash, ia datang menghadap nabi shollallohu alaihi wasallam seraya berkata : Ya rosululloh, sesungguhnya setan telah mengganggu antara aku dengan sholat dan bacaanku yang membuatku ragu. Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Itu adalah setan yang disebut dengan Khinzib, Bila engkau mendapatinya maka berlindunglah kepada Alloh dan meludah ke sebelah kiri tiga kali. Ia berkata : Aku melakukannya lalu Alloh menghilangkan gangguan itu dariku [HR Muslim dan Ahmad]

Dari hadits di atas disimpulkan bahwa mengatasi gangguan setan saat sholat adalah dengan membaca a’udzubillahi minasy syaithonirrojim, dilanjutkan dengan meludah ke sebelah kiri tiga kali