Adzan untuk bayi


                                                          Adzan (21)

Sebagian ulama menilai adzan bagi yang baru lahir adalah masyru berdasar hadits :

عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

Dari 'Ubaidullah bin Abu Rafi' dari bapaknya ia berkata : Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengumandangakan adzan layaknya adzan shalat pada telinga Al Hasan bin Ali ketika dilahirkan oleh ibunya, Fatimah." [HR Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi]

عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ وُلِدَ لَهُ مَوْلُودٌ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ الصَّلَاةَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى لَمْ تَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ  

Dari Hasan Bin Ali rodliyallohu anhu berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa bayinya terlahir lalu dikumandangkan adzan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri maka Ummu Shibyan (jin perempuan) tidak akan akan bisa mengganggunya [HR Abu Ya’la]

Dua hadits di atas diperselisihkan para ulama tentang keshahihannya. Ada yang menilai dloif dan ada juga yang menshohihkannya