Membaca Alfatihah Di Belakang Imam Dalam Pandangan Hanafi


Alfatihah (8)

Berkata penulis aunul ma’bud :

وَقَالَ سُفْيَان الثَّوْرِيّ وَأَصْحَاب الرَّأْي لَا يَقْرَأ أَحَد خَلْف الْإِمَام جَهَرَ أَوْ أَسَرَّ   

Berkata Sufyan Ats Tsauri dan ash haburro’yi (pendukung qiyas, logika) : Tidak boleh membaca bagi seseorang di belakang imam saat sholat jahr (maghrib, isya dan shubuh) ataupun sholat sirr (dzuhur dan ashar)

Pendapat mereka didasarkan pada hadits :

 عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ كَانَ لَهُ إِمَامٌ فَإِنَّ قِرَاءَةَ الإِمَامِ لَهُ قِرَاءَةٌ   

Dari Jabir berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa sholat bersama imam, maka bacaan imam sudah menjadi bacaan baginya [HR Ahmad dan Ibnu Majah] 

Maroji’ :

Aunul Ma’bud 2/330