Bertakbir Saat Menyembelih


Kapan Bertakbir (14)

Menggabungkan antara bacaan basmallah dan takbir adalah sunnah rosululloh shollallohu alaihi wasallam saat penyembelihan. Ini adalah pembeda antara apa yang dilakukan oleh orang yang bertauhid dengan kaum musyrikin. Ketika menyembelih, mereka biasa menyebut nama-nama berhala yang mereka sembah. Untuk itulah basmallah dan takbir adalah furqon yang nyata antara kedua kelompok ini. Dasar dari syariat ini adalah :

عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ, أَقْرَنَيْنِ, وَيُسَمِّي, وَيُكَبِّرُ, وَيَضَعُ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا. وَفِي لَفْظٍ: ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ  مُتَّفَقٌ عَلَيْه وَفِي لَفْظِ سَمِينَيْنِ  وَلِأَبِي عَوَانَةَ فِي صَحِيحِهِ : ثَمِينَيْنِ  بِالْمُثَلَّثَةِ بَدَلَ اَلسِّين ِ وَفِي لَفْظٍ لِمُسْلِمٍ, وَيَقُولُ  بِسْمِ اَللَّهِ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam biasanya berkurban dua ekor kambing kibas bertanduk. Beliau menyebut nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kaki beliau di atas dahi binatang itu. Dalam suatu lafadz : Beliau menyembelihnya dengan tangan beliau sendiri. Dalam suatu lafadz : Dua ekor kambing gemuk. Menurut riwayat Abu Awanah dalam kitab Shahihnya : Dua ekor kambing mahal -dengan menggunakan huruf tsa' bukan sin- Dalam suatu lafadz riwayat Muslim : Beliau membaca bismillahi wallaahu akbar.