Duduk Tasyahud (3)
(1) Madzhab Hanafi
Imam Hanafi berpendapat bahwa duduk tasyahud baik yang
pertama dan terakhir adalah iftirosy
عَنْ أَبِيْ حُمَيْدٍ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلاَةِ
رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
جَلَسَ يَعْنِى لِلتَّشَهُّدِ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى
Dari Abu Humaid Assaidiy rodliyallohu anhu : Aku adalah orang
yang paling mengerti sholat rosululloh shollallohu alaihi wasallam.
Sesungguhnya rosululloh shollallohu alaihi wasallam duduk untuk tasyahud,
beliau mengiftirosykan kakinya yang kiri [HR Ibnu Khuzaimah, Tirmidzi dan
Baihaqi]
عَنْ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ ....ثُمَّ قَعَدَ وَافْتَرَشَ
رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ
الْيُسْرَى وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ الْأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى
ثُمَّ قَبَضَ اثْنَتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً ثُمَّ رَفَعَ
إِصْبَعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا
Dari
: Wail Bin Hujr : .... lalu beliau duduk dengan mengiftirosykan kaki kirinya.
Beliau meletakkan telapak tangan kiri di atas paha dan lutut kiri dan
menjadikan ujung siku kanan di atas paha kanan lalu menggenggam dua jarinya dan
membuat lingkaran. Setelah itu mengangkat jari telunjuknya. Aku melihatnya,
beliau menggerak-gerakkannya seraya berdoa dengannya [HR Ahmad, Abu Daud dan
Nasa’i]
عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ .... وَقَالَ إِذَا
سَجَدْتَ فَمَكِّنْ لِسُجُودِكَ فَإِذَا جَلَسْتَ فَاجْلِسْ عَلَى رِجْلِكَ
الْيُسْرى
Dari Rifa’ah Bin Rofi’ .... beliau bersabda : Bila engkau
sujud maka tekankan sujudmu, apabila duduk (tasyahud) maka duduklah di atas
kaki kiri [HR Ahmad]
(2) Madzhab Maliki
Imam Malik berpendapat bahwa duduk tasyahud baik awal dan
akhir dengan tawarruk
عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ أنّ النَّبِيَّ صلى لله عليه
وسلم كَانَ يَجْلِسُ فِيْ وَسْطِ الصَّلاَةِ وَءَاخِرِهَا مُتَوَرِّكًا
Dari Ibnu Mas’ud : Bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam
biasa duduk (tasyahud) di tengah dan akhir sholat dengan tawarruk
(3) Madzhab Syafi’i
Imam Syafi’i berpendapat bahwa duduk tasyahud awal dengan
istirosy dan tawarruk untuk tasyahud akhir atau duduk sebelum salam :
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ رضي الله عنه
قَالَ : رَأَيْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ......وَإِذَا
جَلَسَ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ
اَلْيُمْنَى وَإِذَا جَلَسَ فِي اَلرَّكْعَةِ اَلْأَخِيرَةِ قَدَّمَ
رِجْلَهُ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ اَلْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ
Abu
Hamid Assa'idy Radliyallaahu 'anhu berkata : Aku melihat Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam .... bila duduk pada rakaat kedua beliau duduk
di atas kakinya yang kiri dan meluruskan (menegakkan) kaki kanan bila duduk
pada rakaat terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan meluruskan kaki yang
kanan dan beliau duduk di atas pinggulnya [HR Bukhari]
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ رضي الله عنه
قَالَ حَتَّى إِذَا كَانَتِ السَّجْدَةُ الَّتِى فِيهَا التَّسْلِيمُ أَخَّرَ
رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ مُتَوَرِّكًا عَلَى شِقِّهِ الأَيْسَرِ
Dari
Abu Humaid Assa’idi rodliyallohu anhu : ..... Hingga ketika beliau sujud di
rokaat yang ada ucapan salam, beliau menggeser kaki kirinya dan duduk dengan
tawarruk di atas pantat kiri [HR Abu Daud dan Nasa’i]
(4)
Madzhab Hambali
Imam
Hambali memiliki pendapat mirip dengan Imam Syafi’i, akan tetapi khusus sholat
yang duduk tasyahudnya hanya sekali maka berlaku duduk iftirosy. Para ulama
yang bermazhab Hambali berkata :
لايتورك إلا في صلاة فيها تشهدان فلا يتورك في تشهد
الصبح
Tidak
ada duduk tawarruk kecuali sholat yang di dalamnya terdapat dua tasyahud, maka
tidak boleh duduk tawarruk untuk tasyahud pada sholat shubuh
Maroji’
:
Alfiqh
Al Islami Waadillatuhu, DR Wahbah Zuhaili 1/749-750