Cara Duduk Tasyahud



Duduk Tasyahud (3)

(1) Madzhab Hanafi

Imam Hanafi berpendapat bahwa duduk tasyahud baik yang pertama dan terakhir adalah iftirosy

عَنْ أَبِيْ حُمَيْدٍ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم جَلَسَ يَعْنِى لِلتَّشَهُّدِ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى  

Dari Abu Humaid Assaidiy rodliyallohu anhu : Aku adalah orang yang paling mengerti sholat rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Sesungguhnya rosululloh shollallohu alaihi wasallam duduk untuk tasyahud, beliau mengiftirosykan kakinya yang kiri [HR Ibnu Khuzaimah, Tirmidzi dan Baihaqi]

عَنْ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ  ....ثُمَّ قَعَدَ وَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ الْأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ قَبَضَ اثْنَتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً ثُمَّ رَفَعَ إِصْبَعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا

Dari : Wail Bin Hujr : .... lalu beliau duduk dengan mengiftirosykan kaki kirinya. Beliau meletakkan telapak tangan kiri di atas paha dan lutut kiri dan menjadikan ujung siku kanan di atas paha kanan lalu menggenggam dua jarinya dan membuat lingkaran. Setelah itu mengangkat jari telunjuknya. Aku melihatnya, beliau menggerak-gerakkannya seraya berdoa dengannya [HR Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i]

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ .... وَقَالَ إِذَا سَجَدْتَ فَمَكِّنْ لِسُجُودِكَ فَإِذَا جَلَسْتَ فَاجْلِسْ عَلَى رِجْلِكَ الْيُسْرى

Dari Rifa’ah Bin Rofi’ .... beliau bersabda : Bila engkau sujud maka tekankan sujudmu, apabila duduk (tasyahud) maka duduklah di atas kaki kiri [HR Ahmad]

(2) Madzhab Maliki

Imam Malik berpendapat bahwa duduk tasyahud baik awal dan akhir dengan tawarruk

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ أنّ النَّبِيَّ صلى لله عليه وسلم كَانَ يَجْلِسُ فِيْ وَسْطِ الصَّلاَةِ وَءَاخِرِهَا مُتَوَرِّكًا

Dari Ibnu Mas’ud : Bahwa nabi shollallohu alaihi wasallam biasa duduk (tasyahud) di tengah dan akhir sholat dengan tawarruk

(3) Madzhab Syafi’i

Imam Syafi’i berpendapat bahwa duduk tasyahud awal dengan istirosy dan tawarruk untuk tasyahud akhir atau duduk sebelum salam :

عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ رضي الله عنه قَالَ : رَأَيْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم  ......وَإِذَا جَلَسَ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ اَلْيُمْنَى  وَإِذَا جَلَسَ فِي اَلرَّكْعَةِ اَلْأَخِيرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ اَلْيُسْرَى وَنَصَبَ اَلْأُخْرَى  وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ  

Abu Hamid Assa'idy Radliyallaahu 'anhu berkata : Aku melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam .... bila duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan meluruskan (menegakkan) kaki kanan bila duduk pada rakaat terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan meluruskan kaki yang kanan dan beliau duduk di atas pinggulnya [HR Bukhari]

عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ رضي الله عنه قَالَ حَتَّى إِذَا كَانَتِ السَّجْدَةُ الَّتِى فِيهَا التَّسْلِيمُ أَخَّرَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ مُتَوَرِّكًا عَلَى شِقِّهِ الأَيْسَرِ

Dari Abu Humaid Assa’idi rodliyallohu anhu : ..... Hingga ketika beliau sujud di rokaat yang ada ucapan salam, beliau menggeser kaki kirinya dan duduk dengan tawarruk di atas pantat kiri [HR Abu Daud dan Nasa’i]

(4) Madzhab Hambali

Imam Hambali memiliki pendapat mirip dengan Imam Syafi’i, akan tetapi khusus sholat yang duduk tasyahudnya hanya sekali maka berlaku duduk iftirosy. Para ulama yang bermazhab Hambali berkata :

لايتورك إلا في صلاة فيها تشهدان فلا يتورك في تشهد الصبح

Tidak ada duduk tawarruk kecuali sholat yang di dalamnya terdapat dua tasyahud, maka tidak boleh duduk tawarruk untuk tasyahud pada sholat shubuh

Maroji’ :

Alfiqh Al Islami Waadillatuhu, DR Wahbah Zuhaili 1/749-750