Dicekik A’robiyy



Luka Fisik Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam (4)

عن أنس رضي الله عنه قَالَ : كُنْتُ أمشي مَعَ رسول الله صلى الله عليه وسلم وَعَلَيْهِ بُرْدٌ نَجْرَانيٌّ غَلِيظُ الحَاشِيَةِ ، فأدْرَكَهُ أعْرَابِيٌّ فَجَبذَهُ بِرِدَائِهِ جَبْذَةً شَديدةً ، فَنَظَرْتُ إِلَى صَفْحَةِ عَاتِقِ النَّبيِّ صلى الله عليه وسلم ، وَقَدْ أثَّرَتْ بِهَا حَاشِيَةُ الرِّدَاءِ مِنْ شِدَّةِ جَبْذَتِهِ ، ثُمَّ قَالَ : يَا مُحَمَّدُ ، مُر لِي مِنْ مَالِ اللهِ الَّذِي عِنْدَكَ . فَالتَفَتَ إِلَيْهِ ، فَضَحِكَ ثُمَّ أَمَرَ لَهُ بِعَطَاءٍ . متفقٌ عَلَيْهِ .

Dari Anas rodliyallohu anhu berkata : Aku berjalan bersama rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Saat itu beliau mengenakan kain burdah dari Najran yang pinggirnya tebal. Tiba-tiba seorang a’robiyy menarik kain beliau dengan amat keras. Aku melihat sisi leher nabi shollallohu alaihi wasallam ada bekas yang berasal dari pinggiran kain burdah karena kerasnya tarikan. Ia berkata : Wahai Muhammad, berikan harta Alloh yang ada padamu untukku. Beliau menoleh kepadanya lalu seraya tertawa lalu memberikannya [muttafaq alaih]

Hadits di atas memberi pelajaran :

1) Sikap kasar dari A’robiyy

A’robiyy adalah orang Arab yang tinggal di pedalaman. Mereka tidak menyukai keramaian. Tinggal di tempat sepi, jauh dari lingkungan masyarakat akan membentuk orang yang bersangkutan menjadi kaku, kasar dan tidak memiliki budi pekerti. Oleh karena itu nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ مَنْ سَكَنَ الْبَادِيَةَ جَفَا وَمَنِ اتَّبَعَ الصَّيْدَ غَفَلَ وَمَنْ أَتَى السُّلْطَانَ افْتُتِنَ  

Dari Ibnu Abbas, dari nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa yang tingga di pedalaman maka akan keras, barangsiapa yang suka berburu akan lalai dan barangsiapa yang mendatangi penguasa maka akan terfitnah (rusak agamanya) [HR Ahmad, Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi]

Kasar dan tidak sopannya a’robiy pada hadits di atas terlihat dari cara dia meminta kain yang ada pada rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Ia tarik kain itu dengan tarikan keras yang meninggalkan bekas merah di leher beliau. Setelah itu baru keluar kalimat permintaan. Itupun ia memanggil beliau dengan “ Wahai Muhammad “ bukan “ Wahai rosululloh “

2) Kalimat yang mengandung makna tauhid

Kendati kasar dan tidak sopan, kalimat yang keluar dari lesan a’robiy mengandung muatan tauhid. Ia berkata : Berikan harta Alloh yang ada padamu untukku ! Ia sebut kain yang ada pada diri rosululloh shollallohu alaihi wasallam hakekatnya adalah milik Alloh.

3) Membalasan keburukan dengan kebaikan

Inilah akhlaq rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Kasarnya a’robiy beliau balas dengan senyuman dan mengabulkan permintaannya.