Melerai Orang Berselisih Bagian Dari Shodaqoh



Al Ishlah Bainal Muslimin (3)

Shodaqoh memiliki makna luas. Ia tidak hanya identik dengan orang kaya karena shodaqoh dalam islam bisa berupa harta dan amal. Kepada kaum faqir, nabi shollallohu alaihi wasallam menganjurkan untuk bertasbih, bertahmid dan bertakbir masing-masing tiga puluh tiga kali di setiap selesai sholat dan itu sudah bernilai shodaqoh.

Mendamaikan orang yang berseteru, juga bisa dimasukkan ke dalam shodaqoh. Oleh karena itu rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :

عن أَبي هريرة رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيهِ صَدَقَةٌ ، كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيهِ الشَّمْسُ : تَعْدِلُ بَيْنَ الاثْنَينِ صَدَقَةٌ ، وَتُعينُ الرَّجُلَ في دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا ، أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ ، وَالكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقةٌ ، وَبِكُلِّ خَطْوَةٍ تَمشِيهَا إِلَى الصَّلاةِ صَدَقَةٌ ، وَتُميطُ الأَذى عَنِ الطَّريقِ صَدَقَةٌ  مُتَّفَقٌ عَلَيهِ .

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu anhu berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Setiap sendi manusia harus diberi shodaqoh di setiap hari pada saat matahari terbit : Mendamaikan dua orang yang berselisih adalah shodaqoh, membantu seseorang pada kendaraannya lalu ikut mengendarainya atau mengangkat barangnya pada kendaraannya adalah shodaqoh, kalimat yang baik adalah shodaqoh, setiap langkah menuju sholat adalah shodaqoh dan menyingkirkan penghalang di jalan adalah shodaqoh [muttafaq alaih]

Hadits di atas mengajak kita untuk menjaga kesehatan tulang-tulang sendi yang berjumlah 360 dengan memberinya nutrisi. Ketika dokter menganjurkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan berjemur di bawah terik matahari di pagi hari, maka amalan pada hadits di atas adalah solusi agama yang diajarkan oleh rosululloh shollallohu alaihi wasallam.

Oleh karena itu, rajin mendamaikan dua orang muslim yang bermusuhan adalah salah satu cara menjaga kesehatan tulang