Suara Dalam Sholat (6)
Islam menganjurkannya untuk dibaca jahr sebagai bagian dari
menghidupkan syiar-syiar islam seperti sholat gerhana. Syaikh Abu Malik Kamal
Assayyid berkata :
السنة أن يجهر بالقرءاة في صلاته وبه قال أحمد
وإسحاق وصاحبا أبي حنيفة
Sesuai dengan sunnah bacaan dijahrkan pada sholat gerhana.
Demikianlah perkataan dari Ahmad, Ishaq dan dua sahabat Abu Hanifah
Argumen dari pendapat ini adalah :
عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها جَهَرَ النَّبِىُّ
صلى الله عليه وسلم فِى صَلاَةِ الْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ ، فَإِذَا فَرَغَ مِنْ
قِرَاءَتِهِ كَبَّرَ فَرَكَعَ ، وَإِذَا رَفَعَ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ سَمِعَ
اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ، رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ . ثُمَّ يُعَاوِدُ
الْقِرَاءَةَ فِى صَلاَةِ الْكُسُوفِ ، أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِى رَكْعَتَيْنِ
وَأَرْبَعَ سَجَدَاتٍ
Dari Aisyah rodliyallohu anha : Nabi shollallohu alaihi
wasallam menjahrkan bacaannya pada sholat gerhana. Apabila selesai dari
bacaannya, beliau bertakbir lalu ruku. Bila mengangkat kepala dari ruku, beliau
membaca “ Sami’alloohu liman hamidahu Robbanaa walakalhamdu “ Setelah itu
mengulangi bacaannya pada sholat gerhana. Dalam satu rokaat beliau ruku dan
sujud sebanyak empat kali [HR Bukhori]
Selain sholat gerhana, sholat istisqo juga ditunaikan dengan
jahriyyah. Sebagaimana sebuah riwayat :
عَنْ عَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَمِّهِ قَالَ
خَرَجَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم
يَسْتَسْقِى فَتَوَجَّهَ إِلَى الْقِبْلَةِ يَدْعُو ، وَحَوَّلَ رِدَاءَهُ ، ثُمَّ
صَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَهَرَ فِيهِمَا بِالْقِرَاءَةِ
Dari Abbad Bin Tamim dari pamannya. Nabi shollallohu alaihi
wasallam keluar untuk menunaikan istisqo. Beliau menghadap ke arah kiblat,
berdoa dan membalikkan sorbannya. Setelah itu sholat dua rokaat dengan
menjahrkan bacaannya [HR Bukhori dan Nasai]
Imam Bukhori membuat judul untuk hadits di atas dengan :
باب
الْجَهْرِ بِالْقِرَاءَةِ فِى الاِسْتِسْقَاءِ
Bab Menjahrkan Bacaan Pada Istisqo
Sedangkan Imam Nasa’i memberi judul :
بَاب
الْجَهْرِ بِالْقِرَاءَةِ فِي صَلَاةِ الِاسْتِسْقَاءِ
Bab Menjahrkan Bacaan Pada Sholat
Istisqo
Sholat jumat, meski siang diperintahkan untuk dibaca jahr.
Inilah yang dilakukan oleh Abu Huroiroh di Mekah ketika memimpin sholat jumat
dengan membawakan surat aljumuah dan almunafiqun. Abu Rofi'pun berkata dengan
nada bertanya :
إِنَّكَ قَرَأْتَ بِسُورَتَيْنِ كَانَ
عَلِىُّ بْنُ أَبِى طَالِبٍ يَقْرَأُ بِهِمَا بِالْكُوفَةِ.
Sesungguhnya engkau telah membaca dua surat yang biasa dibaca
oleh Ali Bin Abi Tholib di Kufah
Mendengar hal itu, Abu Huroiroh berkata :
إِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى
الله عليه وسلم يَقْرَأُ بِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ.
Sesungguhnya aku mendengar rosululloh shollallohu alaihi
wasallam membaca keduanya pada hari jumat [HR Muslim]
Sebagaimana sholat jumat ditunaikan dengan jahr maka sholat
ied juga ditunaikan dengan jahr karena keduanya adalah ied bagi kaum muslimin.
Idul fitri dan idul adha adalah ied tahunan sedangkan jumat adalah ied pekanan.
Maroji’ :
Shohih Fiqih Sunnah, Syaikh Abu Malik Kamal Assayyid 1/438
dan 443