Syubhat Kedua Pendukung Masjid
Masuk Komplek Pekuburan
Antara Masjid Dan Kuburan (9)
Keberadaan makam rosululloh shollallohu alaihi
wasallam, Abu Bakar dan Umar Bin Khothob di samping masjid nabawi sering
dijadikan alasan untuk memakamkan tokoh islam di komplek masjid.
Yang menjadi pertanyaan kita adalah, kenapa rosululloh
shollallohu alaihi wasallam tidak dikubur di Baqi bersama para sahabat lainnya
melainkan di tempat yang terkesan seolah beliau dikubur di masjid ? Penuturan Abdulloh
Bin Abbas sebagai jawabannya :
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ لَمَّا أَرَادُوا أَنْ يَحْفِرُوا
لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثُوا إِلَى أَبِي
عُبَيْدَةَ بْنِ الْجَرَّاحِ وَكَانَ يَضْرَحُ كَضَرِيحِ أَهْلِ مَكَّةَ
وَبَعَثُوا إِلَى أَبِي طَلْحَةَ وَكَانَ هُوَ الَّذِي يَحْفِرُ لِأَهْلِ
الْمَدِينَةِ وَكَانَ يَلْحَدُ فَبَعَثُوا إِلَيْهِمَا رَسُولَيْنِ وَقَالُوا
اللَّهُمَّ خِرْ لِرَسُولِكَ فَوَجَدُوا أَبَا طَلْحَةَ فَجِيءَ بِهِ وَلَمْ
يُوجَدْ أَبُو عُبَيْدَةَ فَلَحَدَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ فَلَمَّا فَرَغُوا مِنْ جِهَازِهِ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ وُضِعَ
عَلَى سَرِيرِهِ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ دَخَلَ النَّاسُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْسَالًا يُصَلُّونَ عَلَيْهِ حَتَّى إِذَا فَرَغُوا
أَدْخَلُوا النِّسَاءَ حَتَّى إِذَا فَرَغُوا أَدْخَلُوا الصِّبْيَانَ وَلَمْ
يَؤُمَّ النَّاسَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدٌ
لَقَدْ اخْتَلَفَ الْمُسْلِمُونَ فِي الْمَكَانِ الَّذِي يُحْفَرُ لَهُ فَقَالَ
قَائِلُونَ يُدْفَنُ فِي مَسْجِدِهِ وَقَالَ قَائِلُونَ يُدْفَنُ مَعَ أَصْحَابِهِ
فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا قُبِضَ نَبِيٌّ إِلَّا دُفِنَ حَيْثُ يُقْبَضُ قَالَ
فَرَفَعُوا فِرَاشَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الَّذِي
تُوُفِّيَ عَلَيْهِ فَحَفَرُوا لَهُ ثُمَّ دُفِنَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَسَطَ اللَّيْلِ مِنْ لَيْلَةِ الْأَرْبِعَاءِ وَنَزَلَ فِي حُفْرَتِهِ
عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ وَالْفَضْلُ بْنُ الْعَبَّاسِ وَقُثَمُ أَخُوهُ
وَشُقْرَانُ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ
أَوْسُ بْنُ خَوْلِيٍّ وَهُوَ أَبُو لَيْلَى لِعَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ
أَنْشُدُكَ اللَّهَ وَحَظَّنَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ عَلِيٌّ انْزِلْ وَكَانَ شُقْرَانُ مَوْلَاهُ أَخَذَ
قَطِيفَةً كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُهَا
فَدَفَنَهَا فِي الْقَبْرِ وَقَالَ وَاللَّهِ لَا يَلْبَسُهَا أَحَدٌ بَعْدَكَ
أَبَدًا فَدُفِنَتْ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Ibnu Abbas ia berkata, Ketika para sahabat akan
membuatkan lubang untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, mereka
mengutus seseorang menemui Abu Ubaidah Ibnul Jarrah, dia adalah orang yang
membuat lubang bagi penduduk Makkah. Sementara yang lain mengirim utusan menemui
Abu Thalhah, dia adalah orang yang membuat lubang bagi penduduk Madinah, tetapi
dengan model liang lahad. Lalu mereka mengutus untuk menjemput keduanya, para
sahabat berkata, Ya Allah, berilah mana yang lebih baik bagi Rasul-Mu. Akhirnya
mereka dapat menemukan Abu Thalhah dan membawanya, sementara Abu Ubaidah tidak
ditemukan. Kemudian Abu Thalhah membuatkan lubang untuk Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam. Ibnu Abbas berkata,
Ketika persiapan untuk Rasulullah telah selesai pada hari selasa, beliau diletakkan
di atas kasur dalam rumahnya. Kemudian orang-orang masuk sekelompok demi
sekelompok menshalati jenazah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Setelah
mereka selesai, para sahabat mempersilahkan kaum wanita untuk masuk (shalat),
Setelah selesai mereka mempersilahkan anak-anak. Dan tidak ada seorang pun yang
menjadi imam bagi orang-orang ketika menshalati Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam. Kaum muslimin berselisih di mana lubang Rasulullah akan digali,
sebagian mengatakan, Sebaiknya beliau dikubur dalam masjidnya, sebagian yang
lain berkata, Sebaiknya beliau dikubur bersama para sahabatnya. Lalu Abu Bakar berkata, Aku pernah mendengar
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Tidak ada seorang Nabi yang
meninggal kecuali dikuburkan pada tempat ia meninggal. Ibnu Abbas berkata, Kasur Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam yang beliau wafat di atasnya diangkat, lalu mereka
membuat lubang, setelah itu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dikuburkan pada
tengah malam di malam rabu. Sementara yang turun ke kuburan beliau adalah Ali
bin Abu Thalib, Al Fadll Ibnul Abbas, Qutsam saudaranya dan Syuqran mantan
budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Aus bin Khauli -ia adalah Abu
Laila- berkata kepada Ali bin Abu Thalib, Aku bersumpah kepada Allah dan
kedudukan kami di sisi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atas kamu
(maksudnya; minta izin turun ke lubang beliau).
Maka Ali pun berkata, Turunlah.
Syuqran adalah budak beliau, ia mengambil kain kasar yang pernah
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kenakan, kemudian ia memasukkannya ke
dalam kuburan beliau seraya berkata, Demi Allah, tidak ada yang akan
mengenakannya setelahmu, selamanya! maka
kain itu pun dikubur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. [HR Ibnu Majah]
Riwayat ini menunjukkan bahwa nabi shollallohu alaihi
wasallam dikubur di rumahnya bukan di masjid sebagai kekhususan dari Alloh
bahwa para nabi dikubur di tempat dicabutnya nyawa. Sementara beliau diwafatkan
oleh Alloh di kamar Aisyah dimana posisi kamar itu bersebelahan dengan masjid.
Lalu, bagaimana dengan Abu Bakar dan Umar yang dikubur
di samping rosululloh shollallohu alaihi wasallam ? Para sahabat menguburkan
keduanya di kamar rosululloh shollallohu alaihi wasallam bukan tanpa dalil.
Setidaknya 3 riwayat di bawah ini cukup menjadi jawabannya :
وعن أبي موسى الأشعري رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أنه توضأ في بيته ثم خرج فقال: لألزمن رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم، ولأكونن معه يومي هذا. فجاء المسجد فسأل عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم فقالوا: وجه ههنا. قال: فخرجت على أثره أسأل عنه حتى دخل بئر أريس، فجلست عند الباب حتى قضى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم حاجته وتوضأ، فقمت إليه فإذا هو قد جلس على بئر أريس وتوسط قُفَّهَا وكشف عن ساقيه ودلاهما في البئر، فسلمت عليه ثم انصرفت فجلست عند الباب. فقلت لأكونن بواب رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم اليوم. فجاء أبو بكر رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ فدفع الباب، فقلت: من هذا؟ فقال أبو بكر. فقلت: على رسلك، ثم ذهبت فقلت: يا رَسُول اللَّهِ هذا أبو بكر يستأذن. فقال ائذن له وبشره بالجنة فأقبلت حتى قلت لأبي بكر: ادخل ورَسُول اللَّهِ يبشرك بالجنة. فدخل أبو بكر حتى جلس عن يمين النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم معه في القف ودلى رجليه في البئر كما صنع رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم وكشف عن ساقيه. ثم رجعت فجلست وقد تركت أخي يتوضأ ويلحقني فقلت: إن يرد اللَّه بفلان يريد أخاه خيراً يأت به. فإذا إنسان يحرك الباب، فقلت: من هذا؟ فقال: عمر بن الخطاب. فقلت: على رسلك، ثم جئت إلى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم فسلمت عليه وقلت: هذا عمر يستأذن. فقال ائذن له وبشره بالجنة فجئت عمر فقلت أذن ويبشرك رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم بالجنة، فدخل فجلس مع رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم في القف عن يساره ودلى رجليه في البئر. ثم رجعت فقلت: إن يرد اللَّه بفلان خيراً يعني أخاه يأت به. فجاء إنسان فحرك الباب، فقلت: من هذا
؟ فقال: عثمان بن عفان. فقلت: على رسلك، وجئت النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم فأخبرته فقال: ائذن له وبشره بالجنة مع بلوى تصيبه فجئت فقلت: ادخل ويبشرك رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم بالجنة مع بلوى تصيبك. فدخل فوجد القف قد ملئ فجلس وجاههم من الشق الآخر. قال سعيد بن المسيب: فأولتها قبورهم. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
Dari Abu Musa Al Asy'ariy bahwa dia berwudlu' di
rumahnya lalu keluar. (Lalu dia bercerita) : Aku berkata : Aku akan mendampingi
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan bersamanya hari ini. Dia berkata : Maka
dia menuju masjid lalu bertanya tentang keberadaan Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam. Orang-orang menjawab : Beliau keluar dan menuju ke arah sana. Maka
aku keluar menelusuri bekas jejak beliau mencari keberadaannya hingga (aku
lihat) beliau memasuki sebuah sumur Aris (di suatu ladang pusat kota Madinah).
Aku duduk di samping pintu yang terbuat dari pelepah kurma hingga Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam menyelesaikan keperluannya kemudian berwudlu. Aku
segera menghampiri beliau yang ternyata beliau sedang duduk dekat sumur Aris
tersebut dan berada di tengah-tengah tepi sumur tersebut. Beliau menyingkap
(pakaiannya) hingga kedua betisnya dan mengulurkan kedua kakinya ke dalam
sumur. Aku memberi salam kepada beliau lalu berpaling dan kembali duduk di
samping pintu. Aku berkata : Sungguh aku menjadi penjaga Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam pada hari ini. Kemudian Abu Bakr datang dan mengetuk pintu.
Aku tanya : Siapakah ini ?. Dia berkata
: Abu Bakr. Aku katakan : Tunggu sebentar.
Kemudian aku menemui beliau lalu aku katakan : Wahai Rasulullah, ada Abu Bakr
minta izin masuk. Beliau berkata : Izinkan dia masuk dan sampaikan kabar
gembira kepadanya dengan aljannah. Aku kembali lalu aku katakan kepada Abu Bakr
: Masuklah, dan Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam telah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan aljannah.
Maka Abu Bakr masuk lalu duduk di samping kanan Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam pada tepi sumur kemudian menjulurkan kedua kakinya ke dalam sumur
sebagaimana yang dilakukan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan mengangkat
pakaiannya setinggi kedua betisnya. Kemudian aku kembali dan duduk. Aku telah
meninggalkan saudaraku berwudlu' dan menyusulku. Aku berkata : Seandainya Allah menghendaki kebaikan bagi
seseorang, yang dia maksud saudaranya,
pasti Allah memberinya. Tiba-tiba ada orang yang menggerak-gerakkan
pintu, aku bertanya : Siapakah ini ?. Orang itu menjawab : Aku 'Umar bin Al Khaththab. Aku katakan :
Tunggu sebentar. Kemudian aku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
dan memberi salam kepada beliau lalu aku katakan : Wahai Rasulullah, ada 'Umar
bin Al Khaththab minta izin masuk. Beliau bersabda : Izinkan dia masuk dan
sampaikan kabar gembira kepadanya dengan aljannah. Maka aku temui lalu aku
katakan : Masuklah, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah
menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan aljannah. Maka 'Umar masuk lalu
duduk di samping kiri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada tepi sumur
kemudian menjulurkan kedua kakinya ke dalam sumur. Kemudian aku kembali dan
duduk. Aku berkata : Seandainya Allah menghendaki kebaikan bagi seseorang,
pasti Allah memberinya. Tiba-tiba ada lagi orang yang menggerak-gerakkan pintu,
aku bertanya : Siapakah ini ? Orang itu menjawab : Utsman bin 'Affan. Aku
katakan : Tunggu sebentar. Kemudian aku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam lalu aku kabarkan kepada beliau, maka beliau berkata : Izinkan dia
masuk dan sampaikan kabar gembira kepadanya dengan aljannah, dengan berbagai
cobaan yang menimpanya. Maka aku menemuinya lalu aku katakan kepadanya :
Masuklah, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menyampaikan kabar
gembira kepadamu dengan aljannah, sekaligus berbagai cobaan yang menimpamu.
Maka Utsman masuk namun dia dapatkan tepi sumur telah penuh. Akhirnya dia duduk
di hadapan beliau dari sisi yang lain. Berkata Syarik bin Abdullah, berkata
Sa'id bin Al Musayyab : Aku tafsirkan posisi duduk mereka bertiga sebagai
posisi kuburan mereka sedangkan kuburan 'Utsman terpisah dari mereka.
Kejadian ini akhirnya terbukti di kemudian hari. Nabi
shollallohu alaihi wasallam, Abu Bakar dan Umar dikubur di satu tempat
sementara Utsman dikubur sedikit agak jauh yaitu di Baqi. Dalil lainnya adalah
:
عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ الْأَوْدِيِّ قَالَ رَأَيْتُ عُمَرَ
بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ
اذْهَبْ إِلَى أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فَقُلْ
يَقْرَأُ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ عَلَيْكِ السَّلَامَ ثُمَّ سَلْهَا أَنْ
أُدْفَنَ مَعَ صَاحِبَيَّ قَالَتْ كُنْتُ أُرِيدُهُ لِنَفْسِي فَلَأُوثِرَنَّهُ
الْيَوْمَ عَلَى نَفْسِي فَلَمَّا أَقْبَلَ قَالَ لَهُ مَا لَدَيْكَ قَالَ
أَذِنَتْ لَكَ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ قَالَ مَا كَانَ شَيْءٌ أَهَمَّ إِلَيَّ
مِنْ ذَلِكَ الْمَضْجَعِ فَإِذَا قُبِضْتُ فَاحْمِلُونِي ثُمَّ سَلِّمُوا ثُمَّ
قُلْ يَسْتَأْذِنُ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَإِنْ أَذِنَتْ لِي فَادْفِنُونِي
وَإِلَّا فَرُدُّونِي إِلَى مَقَابِرِ الْمُسْلِمِينَ إِنِّي لَا أَعْلَمُ أَحَدًا
أَحَقَّ بِهَذَا الْأَمْرِ مِنْ هَؤُلَاءِ النَّفَرِ الَّذِينَ تُوُفِّيَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَنْهُمْ رَاضٍ فَمَنْ
اسْتَخْلَفُوا بَعْدِي فَهُوَ الْخَلِيفَةُ فَاسْمَعُوا لَهُ وَأَطِيعُوا فَسَمَّى
عُثْمَانَ وَعَلِيًّا وَطَلْحَةَ وَالزُّبَيْرَ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَوْفٍ
وَسَعْدَ بْنَ أَبِي وَقَّاصٍ وَوَلَجَ عَلَيْهِ شَابٌّ مِنْ الْأَنْصَارِ فَقَالَ
أَبْشِرْ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ بِبُشْرَى اللَّهِ كَانَ لَكَ مِنْ الْقَدَمِ
فِي الْإِسْلَامِ مَا قَدْ عَلِمْتَ ثُمَّ اسْتُخْلِفْتَ فَعَدَلْتَ ثُمَّ الشَّهَادَةُ
بَعْدَ هَذَا كُلِّهِ فَقَالَ لَيْتَنِي يَا ابْنَ أَخِي وَذَلِكَ كَفَافًا لَا
عَلَيَّ وَلَا لِي أُوصِي الْخَلِيفَةَ مِنْ بَعْدِي بِالْمُهَاجِرِينَ
الْأَوَّلِينَ خَيْرًا أَنْ يَعْرِفَ لَهُمْ حَقَّهُمْ وَأَنْ يَحْفَظَ لَهُمْ
حُرْمَتَهُمْ وَأُوصِيهِ بِالْأَنْصَارِ خَيْرًا { الَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ
وَالْإِيمَانَ } أَنْ يُقْبَلَ مِنْ مُحْسِنِهِمْ وَيُعْفَى عَنْ مُسِيئِهِمْ
وَأُوصِيهِ بِذِمَّةِ اللَّهِ وَذِمَّةِ رَسُولِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَنْ يُوفَى لَهُمْ بِعَهْدِهِمْ وَأَنْ يُقَاتَلَ مِنْ وَرَائِهِمْ
وَأَنْ لَا يُكَلَّفُوا فَوْقَ طَاقَتِهِمْ
Dari 'Amru bin Maimun Al Audiy berkata : Aku melihat Umar
bin Al Khaththab radliallahu 'anhu berkata : Wahai 'Abdullah bin Umar temuilah
Ummul Mu'minin Aisyah radliallahu 'anha lalu sampaikan bahwa Umar bin Al
Khaththab menyampaikan salam kepadamu, kemudian mintalah agar aku dikubur
bersama kedua temanku. 'Aisyah berkata : Aku dulu menginginkan tempat itu
untukku, namun sekarang aku lebih mengutamakannya daripada diriku. Ketika ia
pulang, Umar berkata, kepadanya : Jawaban apa yang kamu bawa ?. Ia menjawab : Engkau
telah mendapat izin wahai Amirul Mu'minin, lalu ia berkata : Tidak ada sesuatu
yang lebih aku cintai daripada tempat berbaring itu, dan jika aku sudah
meninggal, bawalah aku kepadanya lalu sampaikan salam dan katakan bahwa 'Umar
bin Al Khaththab telah meminta izin, dan jika diizinkan maka kuburkanlah aku
disana, dan jika tidak, maka kuburlah aku dipekuburan kaum muslimin. Sebab aku
tidak mengetahui seseorang yang lebih berhak pada perkara ini daripada mereka,
orang-orang yang ketika beliau meninggal maka Rasulullah
Shallallahu'alaihiwasallam telah meridhai mereka, maka barangsiapa yang
menggantikan aku setelahku dialah khalifah, wajib dengar dan taatlah padanya.
Lalu ia menyebut nama 'Utsman, 'Ali, Thalhah, Az Zubair, 'Abdur-Rahman bin
'Auf, Saad bin Abi Waqqas. Kemudian seorang pemuda Anshar datang kepadanya, ia
berkata : Wahai Amirul Mu'minin, berilah kabar gembira yang diberikan Allah
kepadamu karena masuk Islam pertama kali seperti yang telah engkau ketahui,
lalu engkau diangkat menjadi khalifah dan setelah ini semua engkau akan mati
syahid ?. Da menjawab : Barangkali cukuplah yang engkau katakan itu wahai anak
saudaraku, aku berwasiat kebaikan kepada khalifah setelahku terhadap orang-orang
yang pertama-tama berhijrah, agar ia mengerti hak-hak mereka dan menjaga
kehormatan mereka, dan aku berwasiat kebaikan kepadanya terhadap orang-orang
Anshar, yang mereka telah menempati Madinah dan beriman kepada Allah Ta'ala,
agar ia terima orang-orang yang baik diantara mereka dan memaafkan orang-orang
yang berbuat buruk diantara mereka, dan aku berwasiat kepadanya akan tanggungan
Allah dan RasulNya Shallallahu'alaihiwasallam agar ia menepati perjanjian
dengannya, dan ia berperang dibelakangnya, serta tidak membebani mereka dengan
apa yang tidak mereka mampu.
عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ
وُضِعَ عُمَرُ عَلَى سَرِيرِهِ فَتَكَنَّفَهُ النَّاسُ يَدْعُونَ وَيُصَلُّونَ
قَبْلَ أَنْ يُرْفَعَ وَأَنَا فِيهِمْ فَلَمْ يَرُعْنِي إِلَّا رَجُلٌ آخِذٌ
مَنْكِبِي فَإِذَا عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ فَتَرَحَّمَ عَلَى عُمَرَ وَقَالَ
مَا خَلَّفْتَ أَحَدًا أَحَبَّ إِلَيَّ أَنْ أَلْقَى اللَّهَ بِمِثْلِ عَمَلِهِ
مِنْكَ وَايْمُ اللَّهِ إِنْ كُنْتُ لَأَظُنُّ أَنْ يَجْعَلَكَ اللَّهُ مَعَ صَاحِبَيْكَ
وَحَسِبْتُ إِنِّي كُنْتُ كَثِيرًا أَسْمَعُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ ذَهَبْتُ أَنَا وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَدَخَلْتُ أَنَا
وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَخَرَجْتُ أَنَا وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ
Dari Ibnu Abu Mulaikah bahwa dia mendengar Ibnu Abbas
radliallahu 'anhuma berkata; Setelah jasad 'Umar diletakkan di atas tempat
tidurnya, orang-orang datang berkumpul lalu mendo'akan dan menshalatinya
sebelum diusung. Saat itu aku ada bersama orang banyak, dan tidaklah aku
terkaget melainkan setelah ada orang yang meletakkan siku lengannya pada
bahuku, yang ternyata dia adalah 'Ali bin Abu Thalib. Kemudian dia memohonkan
rahmat bagi 'Umar dan berkata; Sama sekali tidak engkau tinggalkan seorangpun
yang lebih aku sukai agar Allah berikan pembalasan sesuai keistimewaan amalnya
daripadamu. Dan demi Allah, sungguh aku yakin sekali bahwa Allah akan
menjadikan kamu bersama kedua sahabatmu (Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan
Abu Bakr) dikarenakan aku sering kali mendengar Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda : Aku berangkat (bepergian) bersama Abu Bakr dan 'Umar. Aku
masuk bersama Abu Bakr dan 'Umar. Aku keluar bersama Abu Bakr dan 'Umar. [HR
Bukhori Muslim]