Ada 2 pendapat mengenai hal ini sebagaimana tersebut dalam fathul bari :
كاَنَ أوَّلُ مَا أرْسِلَ الْحَيْضُ عَلَى بَنِى اسْرَائِيْلَ وَعَنِ ابن مسْعُودٍ رضى الله عنه كَانَ الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ فِى بِنِى اسْرَائِيْلَ يُصَلُّوْنَ جَمِيْعًا فَكَانَتِ الْمَرْأةُ تَتَشَرَّفُ لِلرِّجَالِ فَألْقَى الله علَيْهِنَّ الْحَيْضُ وَمَنَعَهُنَّ الْمَسَاجِد
Haidh dikirim pertama kali pada diri Bani Isroil, dari ibnu Mas’ud rodliyallohu anhu : laki-laki dan wanita dari kalangan bani isroil mereka sholat berjamaah, adalah wanita saat itu mengalahkan kaum lelaki hingga Alloh kirimkan haidh atas mereka sehingga terhalangi untuk sholat di masjid
عن ابن عبّاس أنَّ ابْتِدَاءَ الْحَيْضِ كَانَ عَلَى احَوَاءَ بَعْدَ انْ أهْبِطَتْ مِنَ الْجَنَّةِ
Dari ibnu Abbas bahwa pertama kali haidh dialami Hawa ketika diturunkan dari aljannah
Maroji’ : fathul bari, ibnu Hajar Al Atsqolani juz 1 hal 499-500