Kenapa penguasa membutuhkan ulama su’ ?

Petikan Nasehat Abdulloh Azzam

يأيُّهاَ الَّذِيْنَ امَنُوْا إنَّ كَثِيْرًا مِنَ الأَحْباَرِ وَالرُّهْباَنِ لَيَأْكُلُوْنَ أمْوَالَ النَّاسِ بِالْباَطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ الله وَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَ يُنْفِقُوْنَهاَ فِي سَبِيْلِ الله فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ ألِيْمٍ

Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, [attaubah : 34]

وَإنَّ مِنْهُمْ لَفَرِيْقاً يَلْوُوْنَ ألِسِنَتَهُمْ بِالْكِتاَبِ لِتَحْسَبُوْهُ مِنَ الْكِتاَبِ وَماَ هُوَ مِنَ الْكِتاَبِ وَيَقُوْلُوْنَ هُوَ مِنْ عِنْدِ الله وَماَ هُوَ مِنْ عِنْدِ الله وَيَقُوْلُوْنَ عَلَى الله الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Sesungguhnya diantara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, Padahal ia bukan dari Al kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah", Padahal ia bukan dari sisi Allah. mereka berkata Dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui.[ali imron : 78]

Orang islam yang paling membahayakan dinulloh adalah mereka yang terdidik dalam islam tapi tidak memiliki sifat waro’ dan tidak mengamalkan ilmu yang dipelajarinya. Mereka itu sangat berbahaya sekali.

Ibnu Qoyyim berkata : perkataan mereka menyeru manusia ke dalam aljannah akan tetapi perbuatan mereka membuat manusia lari dari aljannah. Sungguh mereka adalah pencuri.
Hudzaifah rodliyallohu berkata : apabila kalian melihat orang alim ada di pintu istana maka sangsikanlah agamanya sebab ia tidak mengambil sedikitpun dari dunia mereka melainkan mereka akan mengambil dari agamanya dua kali lipatnya.

Kenapa penguasa mendekati ulama ? oleh karena ulama berbicara atas nama dinulloh dan umat mengambil ucapannya. Adapun jika umat tidak mengambil ucapannya pasti penguasa tidak akan mendekatinya. Penguasa akan memberikan sesuatu yang dapat memenuhi perutnya dan menutupi mulutnya sehingga ia tidak dapat berbicara. Bila ia bicara maka wajib berbicara menurut apa yang dikehendaki penguasa.

Jika kalian bertanya : kenapa anda mendekati penguasa ? maka ia akan menjawab : demi maslahat syar’i. Kami ingin berada di sekelilingnya adalah dengan tujuan supaya ia tidak dikellingi ulama fasiq dan fajir.Ketahuilah justru merekalah ulama yang fajir.
Imam Al Auza’i berkata : pekuburan kaum nasrani mengadu kepada Alloh akan bau busuk dari mayat-mayat orang kafir, maka Alloh mewahyukan kepadanya bahwa sesungguhnya perut ulama su’ jauh lebih busuk daripada bangkai orang kafir.

Ya memang benar … sesungguhnya mobil yang diperolehnya adalah dengan menjual dunia dan akhirat umat. Gaji yang didapat adalah dengan menjual dinulloh, dunia dan din manusia. Maka dari itu jika kita menginginkan tarbiyyah maka tarbiyyah yang kita kehendaki bukanlah tarbiyyah ilmiyyah semata sebab mangsa dan buruan yang paling mudah ditangkap oleh pemerintah thoghut adalah mereka yang mempelajari dinulloh tapi tidak mau mengamalkannya.