akibat maksiat (27)

(27) Dilupakan Alloh

Apa jadinya bila pemilik perusahaan lupa membayar gaji bagi karyawannya ? Tentu mereka akan marah dan berujung pada demo, apalagi bila diketahui bahwa pihak sengaja melupakan karyawannya.
Apa perasaan seorang wanita bila suaminya di saat tugas keluar daerah, melupakan sang istri, ia asyik berselingkuh dengan wanita lain. Tentu perasaan kecewa akan dialami sang istri terlebih bila sang suami sengaja melupakannya dengan tidak kembali kepada dirinya dan akhirnya menetap di daerah tugasnya.

Ketika seorang ibu menyuruh anaknya untuk membeli sesuatu di warung, anakpun berangkat. Ditunggu beberapa waktu ternyata anak tak kunjung tiba. Akhirnya diketahui bahwa sang anak lupa akan perintah orang tuanya. Tentu jengkel akan terlihat di wajah sang ibu terlebih bila sang anak sengaja melupakan amanat ibunya.

Demikianlah …… betapa meruginya bila seorang hamba dilupakan oleh Alloh. Lebih merugi lagi bila ternyata Alloh memang sengaja melupakannya. Kenapa itu bisa terjadi ? Jawabannya adalah maksiat. Perbuatan dosa diakibatkan dari kelalaian hamba kepada Robnya. Aljaza’ min jinsil amal (balasan sebanding dengan perbuatan) Melupakan Alloh maka Allohpun membalasnya dengan melupakannya.
Kalau Alloh sudah melupakan hambaNya maka jangan harap Alloh akan menolongnya, mengabulkan doanya dan mengampuni dosa-dosanya.

نَسُوا الله فَنَسِيَهُمْ

Mereka melupakan Alloh maka Allohpun melupakan mereka [attaubah : 67]

وَلاَ تَكُوْنُوْا كَا لّذِينَ نَسُوْا الله فَأَنْسَاهُمْ أنْفُسَهُمْ أولئِكَ هُمُ الْفَاسِقُوْنَ

Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. mereka Itulah orang-orang yang fasik [alhasyar : 19]

Maroji’ : adda’ waddawa’ hal 108